SDIT Surabaya

Darma Kai

SDIT Surabaya adalah singkatan dari Sekolah Dasar Islam Terpadu Surabaya. Sekolah ini merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berfokus pada pendidikan dasar (SD) dengan pendekatan Islam di kota Surabaya.

Latar Belakang dan Sejarah

SDIT Surabaya didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan berbasis agama yang komprehensif kepada anak-anak Muslim di Surabaya dan sekitarnya. Sekolah ini berkomitmen untuk menggabungkan pendidikan Islam dengan kurikulum pendidikan nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sejak didirikan, SDIT Surabaya telah mengalami perkembangan yang signifikan. Sekolah ini telah berhasil mencetak lulusan yang berkualitas dan berintegritas dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Visi dan Misi

Visi dari SDIT Surabaya adalah melahirkan generasi Muslim yang memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang baik dalam agama Islam, serta berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik.

Misi SDIT Surabaya adalah:

  1. Memberikan pendidikan yang berkualitas dengan melibatkan pendekatan Islam dalam segala aspek pembelajaran.
  2. Membangun karakter yang kuat dan memiliki moralitas yang tinggi berdasarkan ajaran Islam.
  3. Mengembangkan potensi belajar siswa secara holistik, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.
  4. Menyediakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung untuk proses pembelajaran.

Kurikulum

SDIT Surabaya mengadopsi kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum tersebut mencakup mata pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Sains, IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Bahasa Inggris, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat mata pelajaran agama, seperti Pendidikan Agama Islam, serta pelajaran tambahan lainnya seperti seni, olahraga, dan bahasa Arab.

Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran di SDIT Surabaya adalah pendekatan berbasis keilmuan dan pendekatan Islami. Guru-guru di sekolah ini berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas.

BACA JUGA:   Tempat Les Bahasa Jepang di Bandung

Ekstrakurikuler

SDIT Surabaya juga menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membantu siswa mengembangkan minat dan bakat mereka di berbagai bidang. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan antara lain seperti olahraga, seni, bahasa asing, dan kegiatan keagamaan.

Kegiatan ekstrakurikuler di SDIT Surabaya membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, kerjasama tim, dan memiliki pengalaman belajar yang beragam di luar kelas.

Fasilitas

SDIT Surabaya memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan aktivitas siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang modern.
  • Perpustakaan.
  • Laboratorium komputer dan laboratorium sains.
  • Ruang olahraga dan lapangan bermain.
  • Musholla.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SDIT Surabaya adalah sekolah dasar yang mengutamakan pendekatan pendidikan dengan nilai-nilai dan ajaran Islam. Melalui kurikulum yang berkualitas, pendekatan pembelajaran yang baik, serta kegiatan ekstrakurikuler dan fasilitas yang lengkap, sekolah ini berkomitmen untuk menciptakan generasi Muslim yang berilmu, berakhlak, dan berprestasi.

Also Read

Bagikan: