SD Negeri Sukajaya: Pilar Pendidikan di Cianjur

Padma Astuti

Sejarah dan Latar Belakang

SD Negeri Sukajaya memiliki sejarah panjang sebagai institusi pendidikan di wilayah Pasirkuda, Cianjur. Didirikan pada tahun 1968, sekolah ini telah menjadi saksi banyak perubahan dan perkembangan di komunitas setempat. Dengan satu kali pindah lokasi, SD Negeri Sukajaya kini berdiri kokoh, melayani kebutuhan pendidikan dasar masyarakat.

Visi dan Misi

Visi sekolah ini adalah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk mengembangkan potensi siswa secara maksimal. Misi yang diemban meliputi penyediaan pendidikan berkualitas, pengembangan karakter siswa, dan penguatan kompetensi guru dan staf.

Kepemimpinan dan Manajemen

Dipimpin oleh Kepala Sekolah Tavip Sukarno Gunawan, SD Negeri Sukajaya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Manajemen sekolah bekerja sama dengan para guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan.

Kurikulum dan Pembelajaran

Sekolah ini menerapkan Kurikulum Merdeka, yang memberikan kebebasan bagi guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Kurikulum ini dirancang untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan.

Fasilitas dan Sarana Prasarana

SD Negeri Sukajaya dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung proses belajar mengajar, termasuk ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, laboratorium, dan area bermain. Fasilitas ini terus diperbaharui untuk memenuhi standar pendidikan yang semakin tinggi.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Sekolah ini menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dirancang untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di luar jam pelajaran. Dari olahraga hingga seni, siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri mereka secara holistik.

BACA JUGA:   Pesantren Pontianak

Komunitas dan Keterlibatan Orang Tua

SD Negeri Sukajaya memahami pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Sekolah secara aktif bekerja sama dengan orang tua dan komunitas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa.


Also Read

Bagikan: