Pokja Adiwiyata

Victoria Suryatmi

Pengertian Pokja Adiwiyata

Pokja Adiwiyata merupakan singkatan dari Pokok Pikiran Kerja Adiwiyata. Adiwiyata sendiri adalah program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang bertujuan untuk mendorong sekolah dan satuan pendidikan lainnya untuk menjalankan kegiatan yang berorientasi pada lingkungan hidup dan kegiatan pelestarian alam. Pokja Adiwiyata merupakan satu tim yang terdiri dari guru dan siswa yang bertanggung jawab dalam mengaktifkan dan menjalankan program Adiwiyata di sekolah.

Fungsi dan Tujuan Pokja Adiwiyata

  1. Menyusun Rencana Kerja Adiwiyata

Pokja Adiwiyata memiliki fungsi utama yaitu menyusun rencana kerja Adiwiyata bagi sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Rencana kerja ini mencakup berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka mendorong pemahaman siswa mengenai pentingnya keberlanjutan lingkungan dan kegiatan pelestarian alam.

  1. Memastikan Implementasi Program Adiwiyata

Selain menyusun rencana kerja, Pokja Adiwiyata juga bertanggung jawab dalam memastikan implementasi program Adiwiyata di sekolah. Mereka akan menjadi fasilitator dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan program ini, seperti pengelolaan sampah, penghematan energi, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

  1. Melakukan Monitoring dan Evaluasi

Pokja Adiwiyata juga memiliki peran dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program Adiwiyata yang berjalan di sekolah. Mereka akan melakukan pengecekan secara berkala terhadap berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan, mengukur sejauh mana pencapaian program tersebut, serta memberikan rekomendasi atau saran dalam peningkatan kualitas kegiatan Adiwiyata.

Komposisi dan Tugas Pokja Adiwiyata

Pokja Adiwiyata terdiri dari beberapa anggota yang memiliki peran dan tugas masing-masing. Berikut adalah komposisi dan tugas dari Pokja Adiwiyata:

  1. Ketua Pokja
BACA JUGA:   Samson Tiara Cilegon

Ketua Pokja Adiwiyata merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam koordinasi dan pengambilan keputusan dalam pelaksanaan program Adiwiyata di sekolah. Ketua Pokja ini biasanya adalah seorang guru yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai lingkungan hidup.

  1. Sekretaris Pokja

Sekretaris Pokja Adiwiyata adalah anggota tim yang bertugas dalam melakukan pengarsipan dan administrasi terkait dengan program Adiwiyata. Tugas utama sekretaris ini adalah mengumpulkan data dan dokumentasi mengenai berbagai kegiatan Adiwiyata yang telah dilaksanakan di sekolah.

  1. Anggota Pokja

Selain ketua dan sekretaris, Pokja Adiwiyata juga terdiri dari beberapa anggota lain yang menjadi pelaksana atau fasilitator dalam menjalankan kegiatan Adiwiyata seperti pengelolaan sampah, penghematan air, penghijauan, serta kegiatan lain yang mendukung program Adiwiyata.

Kesimpulan

Pokja Adiwiyata adalah tim yang terdiri dari guru dan siswa yang bertanggung jawab dalam menjalankan program Adiwiyata di sekolah. Pokja Adiwiyata memiliki peran penting dalam menyusun rencana kerja, memastikan implementasi program, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program Adiwiyata yang berjalan di sekolah. Melalui komposisi dan tugas yang ditetapkan, Pokja Adiwiyata dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan kegiatan yang berorientasi pada lingkungan hidup dan pelestarian alam.

Also Read

Bagikan: