PKN STAN Palembang

Padma Astuti

PKN STAN (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Calon Pegawai Negeri Sipil Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk melahirkan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di bidang keuangan negara. Salah satu kampus PKN STAN terletak di Palembang, Sumatera Selatan.

Sejarah PKN STAN Palembang

PKN STAN Palembang didirikan pada tanggal 22 Juni 1992. Kampus ini awalnya berada di Jambi sejak tahun 1972, namun pada tahun 1992 dipindahkan ke Palembang. Pemindahan kampus ini dilakukan untuk memberikan akses yang lebih mudah kepada calon mahasiswa di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya.

Fokus Program Studi

PKN STAN Palembang memiliki dua program studi yang ditawarkan, yaitu Akuntansi dan Keuangan Negara. Program studi Akuntansi mendorong mahasiswa untuk memiliki pemahaman mendalam tentang dasar-dasar akuntansi serta penggunaan informasi keuangan dalam pengambilan keputusan bisnis dan investasi. Sementara itu, program studi Keuangan Negara bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli yang mampu mengelola keuangan negara dengan baik dan bertanggung jawab.

Kurikulum dan Pembelajaran

Kurikulum PKN STAN Palembang disusun dengan memperhatikan perkembangan terbaru di bidang keuangan negara dan akuntansi. Mahasiswa akan belajar tentang teori dan praktik akuntansi, manajemen keuangan, dan perpajakan. Selain itu, mereka juga akan dilatih dalam penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan negara.

Pembelajaran di PKN STAN Palembang menggunakan pendekatan yang terintegrasi antara teori dan praktik. Mahasiswa akan diajak untuk melakukan studi kasus keuangan nyata dan menghadiri seminar yang diadakan oleh praktisi dalam bidang keuangan negara. Selain itu, PKN STAN juga memiliki program magang di berbagai instansi pemerintah untuk memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa.

BACA JUGA:   SMA Negeri 1 Batu Sopang

Karir dan Peluang Kerja

Lulusan PKN STAN Palembang memiliki peluang kerja yang luas di berbagai instansi pemerintah dan BUMN yang bergerak di bidang keuangan negara. Mereka dapat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), atau Direktorat Jenderal Pajak. Selain itu, lulusan juga bisa bekerja di perusahaan swasta sebagai akuntan atau konsultan keuangan.

Fasilitas dan Lingkungan Belajar

PKN STAN Palembang menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar. Kampus ini dilengkapi dengan ruang kelas yang nyaman, laboratorium komputer yang modern, perpustakaan dengan koleksi buku dan jurnal yang lengkap, serta fasilitas olahraga. Selain itu, PKN STAN Palembang juga memiliki lingkungan belajar yang kondusif, dengan dosen-dosen yang berkualitas dan memiliki pengalaman di bidang keuangan negara.

Kesimpulan

PKN STAN Palembang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyediakan program studi Akuntansi dan Keuangan Negara. Mahasiswa di PKN STAN Palembang akan mendapatkan pembelajaran yang komprehensif tentang akuntansi dan keuangan negara, serta memiliki peluang kerja yang menjanjikan di berbagai instansi pemerintah dan BUMN. Dengan fasilitas yang lengkap dan lingkungan belajar yang kondusif, PKN STAN Palembang siap menghasilkan calon pegawai negeri sipil yang berkualitas.

Also Read

Bagikan: