Logo SMKN 1 Lemahsugih

Padma Astuti

Latar Belakang

SMKN 1 Lemahsugih adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Lemahsugih, sebuah kecamatan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sebagai sebuah lembaga pendidikan, SMKN 1 Lemahsugih memiliki identitas yang unik, salah satunya adalah logo yang digunakan oleh sekolah ini.

Makna dan Simbolisme Logo SMKN 1 Lemahsugih

Logo SMKN 1 Lemahsugih dirancang untuk mewakili nilai-nilai dan identitas sekolah. Berikut adalah beberapa makna dan simbolisme yang terkandung dalam logo tersebut:

  1. Perisai dan Tumbuhan: Logo SMKN 1 Lemahsugih menampilkan gambar sebuah perisai dengan motif daun tumbuhan di sekitarnya. Perisai melambangkan perlindungan dan keamanan, sementara tumbuhan melambangkan pertumbuhan, perkembangan, dan kemajuan. Kombinasi keduanya menggambarkan komitmen sekolah untuk melindungi dan membantu siswa dalam mencapai pertumbuhan dan kesuksesan pribadi.

  2. Buku Terbuka dan Kertas: Di dalam perisai, terdapat gambar sehelai kertas yang terbuka dan sebuah buku yang terletak di atasnya. Buku dan kertas melambangkan pengetahuan, pendidikan, dan pembelajaran. Logo ini menggambarkan SMKN 1 Lemahsugih sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk memberikan pengetahuan yang berkualitas dan membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia nyata.

  3. Pena dan Gagang: Selain buku terbuka, logo ini juga menampilkan gambar pena yang menulis pada sehelai kertas. Pena melambangkan kecerdasan, kreativitas, dan keterampilan komunikasi. Dengan menampilkan pena, logo ini menggambarkan bahwa SMKN 1 Lemahsugih memberikan pendidikan yang tidak hanya mengajarkan siswa tentang pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik.

  4. Warna: Logo SMKN 1 Lemahsugih menggunakan kombinasi warna biru, putih, dan hijau. Biru melambangkan kepercayaan, stabilitas, dan profesionalisme. Putih melambangkan kesucian, integritas, dan kejujuran. Hijau melambangkan kesegaran, pertumbuhan, dan lingkungan. Kombinasi warna ini mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung oleh SMKN 1 Lemahsugih, yaitu menghasilkan lulusan yang mampu berperan dalam masyarakat dengan integritas dan kejujuran, serta peduli terhadap lingkungan.

BACA JUGA:   Jurusan SMK 1 Pleret

Kesimpulan

Logo SMKN 1 Lemahsugih memiliki makna dan simbolisme yang mendalam. Dengan menggambarkan perlindungan, pertumbuhan, pendidikan, dan keterampilan komunikasi, logo ini mencerminkan identitas dan nilai-nilai SMKN 1 Lemahsugih sebagai sebuah lembaga pendidikan yang berkomitmen dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada siswanya. Dengan warna yang dipilih, logo ini juga mencerminkan nilai-nilai integritas, kejujuran, dan kepedulian terhadap lingkungan yang menjadi bagian dari budaya sekolah ini.

Also Read

Bagikan: