Logo SMKN 1 Jabon

Ella Winarsih

Sebagai sebuah lembaga pendidikan, SMKN 1 Jabon memiliki logo yang menjadi identitas visual sekolah tersebut. Logo SMKN 1 Jabon didesain secara khusus untuk mewakili nilai-nilai, keberhasilan, dan visi dari SMKN 1 Jabon sebagai lembaga pendidikan.

Desain Logo

Logo SMKN 1 Jabon terdiri dari beberapa elemen yang memiliki makna dan symbolism tersendiri. Pertama, terdapat gambar bumi yang melambangkan keberagaman dan keterhubungan antarbangsa. Hal ini menunjukkan bahwa SMKN 1 Jabon memiliki visi yang mengedepankan keterbukaan terhadap dunia global.

Di sebelah kiri gambar bumi, terdapat lambang gear atau gigi, yang melambangkan keahlian teknis dan keahlian industri. Hal ini menandakan bahwa SMKN 1 Jabon sebagai sekolah kejuruan yang mendidik siswa dalam bidang teknis dan industri.

Selanjutnya, ada ilustrasi dua tangan yang saling menggenggam dengan jelas melambangkan kerjasama dan solidaritas antar siswa dan sekolah.

Makna Logo

Logo SMKN 1 Jabon mengandung beberapa makna yang penting. Pertama, melalui gambar bumi, logo ini memperlihatkan bahwa SMKN 1 Jabon mendorong peserta didik untuk memahami dan bersikap terbuka terhadap berbagai kebudayaan dan perkembangan dunia. Hal ini mencerminkan visi SMKN 1 Jabon untuk menciptakan siswa yang memiliki wawasan global.

Sedangkan lambang gear atau gigi menunjukkan bahwa SMKN 1 Jabon mendidik siswa dalam bidang teknis dan industri. Logo ini menandakan bahwa SMKN 1 Jabon mengutamakan pembelajaran kejuruan untuk mempersiapkan siswa menjadi sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia industri.

Tangan yang saling menggenggam pada logo menggambarkan rasa persatuan dan kerjasama dalam lingkungan SMKN 1 Jabon. Hal ini mencerminkan nilai-nilai seperti solidaritas, gotong royong, dan kerjasama yang ditanamkan dalam pendidikan di SMKN 1 Jabon.

BACA JUGA:   SMK Bandung Selatan 1

Penggunaan Logo

Logo SMKN 1 Jabon digunakan secara luas di berbagai media dan perangkat komunikasi SMKN 1 Jabon. Logo ini umumnya digunakan di website resmi sekolah, surat resmi, buku dan modul pelajaran, perangkat seragam sekolah, dan media promosi lainnya.

Penggunaan yang konsisten dari logo SMKN 1 Jabon membantu membangun kesadaran merek sekolah dan menciptakan ikatan kuat antara lembaga pendidikan dan masyarakat.

Kesimpulan

Logo SMKN 1 Jabon dirancang dengan hati-hati untuk mewakili visi, nilai-nilai, dan identitas sekolah. Melalui gambar bumi, gigi (gear), dan tangan yang saling menggenggam, logo ini menggambarkan visi pendidikan global, pendidikan kejuruan, serta nilai-nilai persatuan dan kerjasama yang ditekankan oleh SMKN 1 Jabon. Penggunaan logo ini secara konsisten membantu membangun kesadaran merek dan memperstrong ikatan antara sekolah dan masyarakat.

Also Read

Bagikan: