Kebudayaan Asli Indonesia pada Candi Borobudur

Elvina Rahimah

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban arsitektur dan kebudayaan kuno Indonesia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini telah menjadi salah satu ikon wisata terkenal di Indonesia dan merupakan Warisan Dunia UNESCO. Dalam bentuk fisiknya, terdapat sejumlah aspek kebudayaan asli Indonesia yang tampak jelas dalam wujud Candi Borobudur.

1. Arsitektur yang Original

Salah satu aspek yang menunjukkan kebudayaan asli Indonesia dalam Candi Borobudur adalah arsitekturnya yang unik dan orisinal. Candi ini merupakan contoh luar biasa dari arsitektur Buddha Mahayana yang berkembang pada masa Kerajaan Mataram Kuno di Indonesia. Gaya arsitektur ini secara khusus disebut sebagai arsitektur Indonesia karena tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Arsitektur Candi Borobudur memiliki ciri khas dengan struktur yang monumental dan terdiri dari sembilan tingkat yang berbentuk susunan pyramid. Setiap tingkat terdiri dari banyak stupa dan galeri yang dihiasi dengan relief-relief yang indah. Relief-relief ini berisi cerita-cerita kehidupan Buddha dan kehidupan masyarakat pada saat itu. Arsitektur ini mencerminkan keunikan kebudayaan Indonesia dari segi desain yang kuat dan penggunaan batu alam sebagai bahan utamanya.

2. Relief-Relief Karya Seni yang Menakjubkan

Salah satu fitur paling mencolok dari Candi Borobudur adalah relief-relief yang menghiasi dinding-dindingnya. Relief-relief ini tidak hanya mengagumkan dalam hal keindahan visual, tetapi juga mengisahkan kisah-kisah dari masa lalu yang berhubungan dengan kehidupan Buddha dan masyarakat Indonesia saat itu.

Relief-relief di Candi Borobudur menampilkan berbagai tema seperti kehidupan sehari-hari, cerita-cerita Jataka (kisah tentang reinkarnasi Buddha), serta hikayat-hikayat lokal. Relief-relief ini sangat detail dan terukir dengan sangat teliti, menunjukkan keterampilan kerajinan tangan yang luar biasa dari para pengrajin Indonesia pada masa itu. Kisah-kisah dan gambar-gambar dalam relief-relief ini menjadi saksi bisu dari kehidupan dan kebudayaan asli Indonesia pada masa lalu.

BACA JUGA:   Budaya Jepang: Penghormatan Terhadap Dewa Matahari

3. Simbol-Simbol dan Makna Filosofis yang Dalam

Candi Borobudur juga dikenal karena memiliki makna filosofis yang mendalam. Konstruksinya didasarkan pada kosmologi Buddha yang mencerminkan pandangan dunia dan alam semesta menurut ajaran Buddha. Setiap tingkat Candi Borobudur memiliki makna filosofisnya sendiri, mulai dari tingkat yang lebih rendah yang melambangkan dunia materi hingga tingkat yang lebih tinggi yang melambangkan pencapaian spiritual manusia.

Selain itu, Candi Borobudur juga penuh dengan simbol-simbol Buddha dan ajaran-ajaran kebijaksanaan. Terdapat sejumlah stupa yang melambangkan tingkat-tingkat menuju pencerahan, serta patung-patung Buddha yang merupakan lambang dari ajaran-ajaran Buddha. Keberadaan simbol-simbol ini menunjukkan kebudayaan asli Indonesia yang kaya akan kebijaksanaan spiritual dan ajaran Buddha.

4. Pengaruh Budaya Indonesia yang Beragam

Candi Borobudur juga merefleksikan pengaruh budaya Indonesia yang beragam. Kerajaan Mataram Kuno yang membangun Candi Borobudur adalah kerajaan Hindu-Buddha, sehingga terdapat pengaruh kuat dari kedua agama tersebut dalam bentuk bangunan dan ornamen-ornamen di candi ini.

Selain itu, Candi Borobudur juga mencerminkan pengaruh budaya Indonesia yang berasal dari suku-suku yang beragam di daerah tersebut. Misalnya, pada relief-relief di candi ini terdapat gambaran kehidupan masyarakat Jawa pada saat itu, mulai dari petani hingga bangsawan. Keberagaman budaya inilah yang menjadi salah satu keunikan kebudayaan asli Indonesia yang tampak dalam wujud Candi Borobudur.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Candi Borobudur merupakan cermin dari kebudayaan asli Indonesia yang kaya dan beragam. Arsitektur yang original, relief-relief yang menakjubkan, simbol-simbol dan makna filosofis yang dalam, serta pengaruh budaya Indonesia yang beragam menjadi bukti-bukti yang jelas tentang kebudayaan asli Indonesia yang tampak dalam wujud Candi Borobudur. Melalui Candi Borobudur, kita dapat memahami dan menghargai warisan budaya Indonesia yang kaya dan mengagumkan ini.

Also Read

Bagikan: