Kebudayaan Abris Sous Roche Sulawesi Selatan

Clara Hassanah

Kebudayaan Abris Sous Roche merupakan salah satu bentuk kebudayaan prasejarah yang ditemukan di Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara harfiah, Abris Sous Roche berarti "celah bawah batu" dalam bahasa Prancis. Kebudayaan ini dinamakan demikian karena situs-situsnya berada di bawah tubuh batuan yang membentuk atap alami, seperti gua atau teras batu. Pada umumnya, abris sous roche di Sulawesi Selatan berada di perbukitan dan pegunungan.

Penemuan Kebudayaan Abris Sous Roche

Penemuan kebudayaan Abris Sous Roche sulawesi selatan pertama kali dilakukan pada tahun 1884 oleh Antoine-Alfred Marche, seorang penjelajah asal Prancis. Ia menemukan bangunan megalitik yang terdiri dari dinding batu yang tertanam di tanah dan berfungsi sebagai atap. Penemuan ini menjadi titik awal penelitian dan penggalian lebih lanjut terhadap kebudayaan Abris Sous Roche.

Ciri-ciri Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche ditandai dengan adanya peninggalan berupa lukisan dan ukiran pada dinding batu di dalam gua atau celah batu. Lukisan dan ukiran ini umumnya menggambarkan adegan- adegan kehidupan masyarakat prasejarah, seperti perburuan, pertanian, dan ritual keagamaan. Pada beberapa situs, juga ditemukan tulang manusia serta artefak seperti alat-alat batu, perhiasan, dan keramik.

Fungsi dan Makna Abris Sous Roche

Fungsi utama dari Abris Sous Roche diduga sebagai tempat tinggal dan tempat perlindungan bagi masyarakat prasejarah. Dengan atap alami yang tersedia, abris sous roche mampu memberikan perlindungan dari cuaca buruk, serta memberikan keamanan dari serangan hewan buas dan suku-suku lainnya.

Selain sebagai hunian, abris sous roche juga memiliki makna ritual dan keagamaan bagi masyarakatnya. Lukisan dan ukiran yang ditemukan pada dinding batu merupakan representasi kepercayaan dan praktik religius yang dilakukan oleh masyarakat prasejarah. Mereka mungkin menggunakannya sebagai sarana komunikasi dengan roh nenek moyang atau sebagai bentuk penghormatan terhadap dewa-dewa mereka.

BACA JUGA:   Kebudayaan Abris Sous Roche

Arti Penting Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche memiliki arti penting dalam memahami sejarah dan perkembangan manusia purba di Sulawesi Selatan. Dengan studi dan penelitian yang dilakukan terhadap lukisan dan ukiran yang ditemukan, kita dapat mendapatkan wawasan yang lebih dalam mengenai kehidupan sosial, kegiatan ekonomi, serta sistem kepercayaan masyarakat prasejarah di daerah ini.

Selain itu, keberadaan kebudayaan Abris Sous Roche juga menunjukkan tingkat keberagaman dan kompleksitas kebudayaan manusia purba di Indonesia. Hal ini menggambarkan kemampuan manusia pada masa itu dalam menciptakan seni dan mengungkapkan identitas budaya mereka melalui lukisan dan ukiran.

Kesimpulan

Kebudayaan Abris Sous Roche sulawesi selatan merupakan warisan budaya yang sangat berharga bagi Indonesia. Melalui lukisan dan ukiran yang ditemukan di situs-situs ini, kita dapat memperoleh wawasan yang lebih baik mengenai kehidupan manusia prasejarah dan kompleksitas kebudayaan mereka. Dengan terus melakukan penelitian dan pelestarian terhadap kebudayaan Abris Sous Roche, kita dapat membangun pemahaman yang lebih baik tentang sejarah dan perkembangan manusia di Indonesia.

Also Read

Bagikan: