Kebudayaan Abris Sous Roche

Clara Hassanah

Kebudayaan Abris Sous Roche mengacu pada bentuk kebudayaan prasejarah yang terkait dengan perlindungan di dalam gua, terowongan, atau celah-celah bebatuan alami. Istilah "abris sous roche" berasal dari bahasa Prancis yang secara harfiah berarti "perlindungan di bawah batu".

Latar Belakang

Selama masa prasejarah, manusia purba mengembangkan kehidupan mereka di lingkungan yang keras dan penuh dengan ancaman. Mereka perlu mencari tempat perlindungan yang aman untuk bertahan hidup. Salah satu pilihan yang paling nyaman dan aman adalah gua atau celah bebatuan yang dapat memberikan perlindungan alami dari cuaca buruk, predator, dan bahaya lainnya.

Makna Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche melibatkan segala aspek kehidupan manusia yang terjadi di tempat-tempat perlindungan semacam itu. Di dalam gua-gua ini, manusia purba tidak hanya mencari perlindungan fisik, tetapi juga menjalankan aktivitas-aktivitas sehari-hari mereka seperti memasak, membuat perkakas, menggambar di dinding gua, dan mungkin juga ritual keagamaan tertentu.

Bentuk Manifestasi

Salah satu bagian paling menarik dari kebudayaan Abris Sous Roche adalah gambar-gambar prasejarah yang diukir atau diwarnai di dinding gua. Contohnya adalah lukisan gua Lascaux di Prancis, yang menggambarkan adegan-adegan kehidupan dan hewan-hewan prasejarah. Melalui lukisan ini, kita dapat mempelajari tentang kehidupan manusia pada zaman purba, jenis hewan yang ada di sekitar mereka, serta kegiatan dan kepercayaan yang mereka lakukan.

Selain itu, bukti-bukti arkeologi juga menunjukkan adanya kegiatan lain di dalam gua-gua tersebut, seperti penemuan alat-alat batu, artefak, dan sisa-sisa makanan. Hal ini mengindikasikan bahwa manusia pada masa prasejarah tidak hanya menggunakan gua sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai tempat kerja, tempat berkumpul, dan mungkin juga sebagai tempat upacara.

BACA JUGA:   Kebudayaan Indonesia sebagai Bagian dari Kebudayaan Global

Signifikansi Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche memiliki nilai signifikansi yang tinggi dalam kajian arkeologi dan antropologi. Melalui pemahaman terhadap kehidupan manusia pada masa prasejarah, kita dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang asal-usul manusia, perkembangan kebudayaan, kehidupan sosial, dan sistem kepercayaan mereka.

Gambar-gambar yang diukir dan diwarnai pada dinding gua juga memberikan bukti bahwa manusia purba memiliki dorongan artistik dan keinginan untuk berkomunikasi dengan generasi mendatang. Mereka menggunakan media dinding gua sebagai bentuk ekspresi, menyimpan cerita-cerita mereka, dan meninggalkan warisan budaya yang berharga.

Kesimpulan

Kebudayaan Abris Sous Roche merujuk pada kehidupan dan kegiatan manusia purba di dalam gua-gua dan celah-celah bebatuan pada masa prasejarah. Melalui lukisan gua dan artefak yang ditemukan, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kehidupan manusia pada masa itu. Kajian terhadap kebudayaan Abris Sous Roche sangat penting dalam memahami asal-usul manusia dan warisan budaya yang mereka tinggalkan.

Also Read

Bagikan: