Kebudayaan Abris Sous Roche di Mana Ditemukan?

Elvina Rahimah

Kebudayaan Abris Sous Roche adalah salah satu bentuk kebudayaan prasejarah yang ditemukan di beberapa wilayah di dunia. Secara khusus, kebudayaan ini ditemukan di bagian barat daya Eropa, terutama di wilayah Alpen.

Abris Sous Roche sendiri merupakan istilah dalam bahasa Prancis yang memiliki arti "celah di bawah tebing". Daerah ini terdiri dari batuan yang melindungi dan memberikan tempat tinggal bagi masyarakat prasejarah. Abris Sous Roche sering kali berfungsi sebagai tempat perlindungan dan tempat tinggal bagi manusia prasejarah.

Salah satu lokasi yang terkenal dengan kebudayaan Abris Sous Roche adalah Dordogne Valley di Prancis. Wilayah ini memiliki banyak contoh Abris Sous Roche yang diyakini telah digunakan sebagai tempat tinggal manusia purba. Beberapa situs yang terkenal termasuk Les Eyzies-de-Tayac-Sireuil, Lascaux, dan La Madeleine.

Selain di Dordogne Valley, kebudayaan Abris Sous Roche juga ditemukan di beberapa wilayah Eropa lainnya. Beberapa contoh termasuk Spanyol, Italia, dan Swiss. Di Spanyol, contohnya dapat ditemukan di wilayah Asturias, seperti di Tito Bustillo Cave. Di Italia, contohnya dapat ditemukan di beberapa situs di wilayah Lombardy. Sedangkan di Swiss, beberapa situs menunjukkan bukti kebudayaan Abris Sous Roche di wilayah Alpen.

Kebudayaan Abris Sous Roche umumnya ditandai dengan adanya peninggalan arkeologi seperti seni dinding gua, alat-alat batu, sisa-sisa makanan, serta peninggalan manusia lainnya. Seni dinding gua, terutama lukisan, adalah salah satu ciri khas kebudayaan ini. Lukisan-lukisan tersebut sering kali menggambarkan hewan, manusia, dan simbol-simbol lainnya, memberikan wawasan tentang kehidupan dan kepercayaan manusia prasejarah.

Penting untuk diingat bahwa Abris Sous Roche bukanlah satu kebudayaan tunggal, melainkan serangkaian bentuk kehidupan yang muncul selama periode prasejarah di wilayah-wilayah yang ditemukan. Sebagai contoh, kebudayaan Abris Sous Roche yang ditemukan di Dordogne Valley mungkin memiliki perbedaan dengan yang ditemukan di Spanyol atau Swiss.

BACA JUGA:   Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat

Ketika meneliti kebudayaan Abris Sous Roche, arkeolog dan sejarawan berusaha untuk memahami cara hidup, pola migrasi, serta penggunaan lingkungan alami oleh manusia prasejarah. Penemuan dan penelitian lebih lanjut terkait dengan Abris Sous Roche di berbagai wilayah dapat memberikan wawasan yang berharga tentang sejarah manusia dan kehidupan prasejarah.

Dengan demikian, kebudayaan Abris Sous Roche merupakan hasil kebudayaan yang ditemukan di beberapa wilayah Eropa, terutama di wilayah Alpen dan Dordogne Valley di Prancis. Kebudayaan ini ditandai dengan adanya peninggalan seni dinding gua, alat-alat batu, dan sisa-sisa makanan, yang memberikan gambaran tentang kehidupan manusia prasejarah. Penelitian lebih lanjut tentang kebudayaan ini dapat membantu memahami sejarah dan kehidupan masa lampau.

Also Read

Bagikan: