Kebudayaan Abris Sous Roche adalah

Victoria Suryatmi

Kebudayaan Abris Sous Roche adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Prancis yang secara harfiah berarti "kebudayaan di bawah gua". Istilah ini digunakan dalam arkeologi untuk menggambarkan sebuah periode dalam sejarah manusia di mana manusia hidup di dalam gua atau tempat perlindungan alami yang terbentuk oleh atasannya yang menonjol.

Latar Belakang Sejarah

Kebudayaan Abris Sous Roche adalah salah satu bagian dari sejarah manusia pada periode Paleolitikum Tengah di Eurasia. Periode ini terjadi sekitar 250.000 hingga 40.000 tahun yang lalu. Saat itu, manusia hidup sebagai pemburu-pengumpul dan mengandalkan sumber daya alam untuk bertahan hidup.

Karakteristik Abris Sous Roche

Abris Sous Roche adalah tempat perlindungan yang terbentuk secara alami oleh sebuah atasan yang menonjol pada tebing atau dinding tebing. Tempat perlindungan ini memberikan keamanan dan perlindungan dari cuaca buruk dan predator. Selain itu, Abris Sous Roche juga memberikan akses yang mudah ke sumber daya alam yang dibutuhkan manusia, seperti air dan makanan.

Artefak dan Temuan

Selama penelitian arkeologi di situs Abris Sous Roche, banyak artefak dan temuan berharga yang ditemukan. Artefak dan temuan ini memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan manusia pada masa itu. Beberapa jenis artefak yang biasa ditemukan di Abris Sous Roche meliputi alat-alat batu, seperti kapak batu dan pisau, serta barang-barang dari tulang dan tanduk hewan, seperti jarum dan pahat.

Kehidupan dalam Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche ditandai dengan kehidupan manusia yang sangat tergantung pada alam dan sumber daya alam sekitarnya. Mereka melakukan berbagai kegiatan, seperti berburu hewan, mengumpulkan buah-buahan, dan memancing. Mereka menggunakan alat-alat batu yang mereka hasilkan sendiri untuk membantu mereka dalam kegiatan sehari-hari. Abris Sous Roche juga menjadi tempat berkumpul dan berlindung bagi komunitas manusia pada waktu itu.

BACA JUGA:   Kebudayaan: Melacak Asal-usul dalam Bahasa Sanskerta

Pentingnya Abris Sous Roche dalam Arkeologi

Abris Sous Roche memiliki nilai yang sangat penting dalam penelitian arkeologi. Situs-situs ini memberikan informasi yang berharga tentang kehidupan manusia pada masa lampau dan evolusi kebudayaan manusia. Melalui temuan artefak dan struktur yang ditemukan di Abris Sous Roche, para arkeolog dapat mempelajari pola hidup, perkembangan teknologi, dan perubahan sosial yang terjadi pada masa itu.

Kesimpulan

Kebudayaan Abris Sous Roche adalah periode dalam sejarah manusia di mana manusia hidup di dalam gua atau tempat perlindungan alami yang terbentuk oleh atasannya yang menonjol. Situs-situs Abris Sous Roche memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan manusia pada periode Paleolitikum Tengah dan memiliki nilai penting dalam penelitian arkeologi.

Also Read

Bagikan: