Kebudayaan Abris Sous Roche

Padma Astuti

Pendahuluan:
Pada artikel ini, kita akan membahas tentang kebudayaan Abris Sous Roche. Abris Sous Roche adalah istilah dalam bahasa Prancis yang merujuk pada semacam tempat perlindungan di dasar tebing yang digunakan oleh manusia prasejarah sebagai tempat tinggal atau tempat perlindungan. Kebudayaan Abris Sous Roche terkait erat dengan era Paleolitikum, di mana manusia purba hidup sekitar 2,6 juta tahun yang lalu hingga 10.000 tahun yang lalu.

Perkembangan Budaya Abris Sous Roche

Kebudayaan Abris Sous Roche muncul selama Paleolitikum, yang terbagi menjadi tiga periode utama yaitu Paleolitikum Awal, Paleolitikum Pertengahan, dan Paleolitikum Akhir. Pada periode Paleolitikum Awal, manusia hidup sebagai pemburu-pengumpul dan tinggal di gua-gua alam. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan kebudayaan, manusia mulai menggunakan Abris Sous Roche sebagai tempat perlindungan.

Karakteristik Abris Sous Roche

Abris Sous Roche biasanya memiliki ciri-ciri yang khas. Pertama, tempat ini terletak di dasar tebing atau sisi ngarai yang curam. Keberadaan tebing memberikan perlindungan alami dari elemen-elemen seperti angin, hujan, dan cuaca ekstrem. Kedua, Abris Sous Roche sering kali memiliki dinding yang datar atau longsor yang menyediakan alas tempat manusia dapat beristirahat atau mengatur peralatan mereka. Ketiga, tempat ini sering memiliki celah sempit sebagai pintu masuk yang dapat membantu menghambat masuknya predator dan menjaga keamanan penghuninya.

Artefak yang Ditemukan

Penggalian arkeologis di Abris Sous Roche telah mengungkapkan berbagai artefak yang memberikan wawasan tentang kehidupan manusia prasejarah. Artefak tersebut meliputi peralatan batu seperti kapak tangan, pelempar tombak, dan alat-alat serut. Selain itu, para arkeolog juga menemukan lukisan dinding, jejak domestikasi hewan, dan sisa-sisa makanan prasejarah seperti tulang-tulang binatang yang digunakan sebagai alat makan atau bahkan untuk membuat senjata.

BACA JUGA:   Kebudayaan Aceh Adalah Warisan Budaya yang Kaya

Pola Hidup dan Kehidupan Sosial

Di Abris Sous Roche, manusia prasejarah hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari beberapa keluarga. Mereka bergantung pada berburu hewan, mengumpulkan makanan, dan menjaga api agar tetap hidup. Abris Sous Roche juga menjadi tempat bagi mereka untuk berduka dan berbagi cerita serta legenda.

Pentingnya Abris Sous Roche dalam Sejarah Budaya

Kebudayaan Abris Sous Roche sangat penting dalam memahami sejarah manusia prasejarah. Melalui artefak dan peninggalan yang ditemukan di Abris Sous Roche, para arkeolog dapat mempelajari tentang teknologi mereka, cara hidup mereka, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, penggunaan Abris Sous Roche juga melambangkan kemampuan manusia prasejarah dalam beradaptasi dan menggunakan lingkungan sekitar mereka untuk melindungi diri dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Kesimpulan

Kebudayaan Abris Sous Roche adalah sekelompok manusia prasejarah yang hidup di perlindungan alam semesta seperti tebing-tebing atau dasar ngarai. Mereka menggunakan Abris Sous Roche sebagai tempat tinggal dan tempat perlindungan dari elemen alam dan serangan predator. Ditemukan berbagai artefak dan peninggalan penting di Abris Sous Roche, yang memberikan wawasan tentang teknologi, kehidupan sosial, dan pola hidup manusia prasejarah.

Also Read

Bagikan: