Jurusan SMKN 2 Cikarang Barat

Padma Astuti

SMKN 2 Cikarang Barat adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Cikarang Barat, Jawa Barat. Sekolah ini menyediakan berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka. Berikut adalah beberapa jurusan yang tersedia di SMKN 2 Cikarang Barat:

1. Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan jurusan yang mempelajari tentang pemrograman, pengelolaan jaringan komputer, administrasi server, instalasi dan jaringan. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang teknologi informasi dan komunikasi serta mendapatkan pengetahuan tentang perakitan dan perbaikan komputer.

2. Teknik Kendaraan Ringan

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) adalah jurusan yang fokus pada pemeliharaan, perbaikan, dan modifikasi kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang mesin otomotif, sistem kelistrikan, sistem rem, sistem transmisi, dan berbagai hal terkait kendaraan.

3. Teknik Sepeda Motor

Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) adalah jurusan yang mempelajari tentang perawatan, perbaikan, dan modifikasi sepeda motor. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang mesin sepeda motor, sistem kelistrikan, sistem kemudi, sistem rem, dan berbagai hal terkait dengan motor.

4. Teknik Elektronika Industri

Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) adalah jurusan yang mempelajari tentang perakitan, perbaikan, dan pemeliharaan peralatan elektronik industri. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang komponen-komponen elektronik, perakitan sirkuit elektronik, perbaikan alat-alat elektronik, dan penggunaan peralatan laboratorium elektronik.

BACA JUGA:   SMK Jurusan Kimia

5. Multimedia

Jurusan Multimedia merupakan jurusan yang mempelajari berbagai bidang kreatif seperti desain grafis, animasi, fotografi, dan pembuatan konten digital. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang penggunaan berbagai software desain dan pembuatan konten multimedia seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan software animasi.

6. Akuntansi

Jurusan Akuntansi adalah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan dan analisis keuangan pada perusahaan atau institusi. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang dasar-dasar akuntansi, perpajakan, analisis laporan keuangan, dan penggunaan perangkat lunak akuntansi.

7. Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran adalah jurusan yang mempelajari tentang berbagai tugas administratif seperti pengelolaan arsip, pengetikan dokumen, kepemimpinan, dan manajemen kantor. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang penggunaan perangkat lunak perkantoran, komunikasi bisnis, dan keterampilan manajerial.

8. Pemasaran

Jurusan Pemasaran adalah jurusan yang mempelajari tentang strategi dan teknik pemasaran produk atau jasa. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang riset pasar, analisis bisnis, promosi penjualan, dan strategi pemasaran. Mereka juga akan dilatih untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan negosiasi.

9. Tata Boga

Jurusan Tata Boga adalah jurusan yang mempelajari tentang seni kuliner, pengolahan makanan, dan manajemen bisnis restoran. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang teknik memasak, tata sajian makanan, manajemen dapur, dan pengembangan menu.

10. Tata Busana

Jurusan Tata Busana adalah jurusan yang mempelajari tentang desain dan produksi busana. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang desain busana, pemotongan dan penjahitan, pembuatan pola, dan penggunaan perangkat lunak desain busana.

Jenis-jenis jurusan yang ada di SMKN 2 Cikarang Barat ini menawarkan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka dalam bidang yang mereka sukai, baik itu dalam dunia industri, teknologi, kreativitas, atau bisnis. Setiap jurusan memiliki kurikulum yang dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga professional di bidang yang mereka pilih.

Also Read

Bagikan: