Jurusan SMK Tunas Harapan Pati

Victoria Suryatmi

SMK Tunas Harapan Pati adalah sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) yang terletak di Pati, Jawa Tengah. Sekolah ini menawarkan berbagai jurusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Berikut adalah beberapa jurusan yang ditawarkan oleh SMK Tunas Harapan Pati:

1. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati di SMK Tunas Harapan Pati. Jurusan ini memberikan pelatihan dalam bidang perancangan, perakitan, dan perawatan mesin. Siswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari berbagai macam teknik dasar seperti pemrograman mesin, perawatan mesin, dan pengoperasian mesin. Mereka juga akan dilatih untuk menjadi ahli dalam menggunakan peralatan dan mesin industri.

2. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro juga menjadi favorit di SMK Tunas Harapan Pati. Para siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang instalasi dan perawatan peralatan listrik, pemrograman mikrokontroler, dan pemasangan sistem kelistrikan. Mereka juga akan dilatih dalam bidang pengaturan dan kontrol sistem elektronik.

3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan TKJ merupakan jurusan yang fokus pada pembelajaran tentang komputer dan jaringan. Siswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari tentang perakitan dan perawatan komputer, pemrograman, instalasi jaringan komputer, serta keamanan jaringan. Mereka juga akan dilatih dalam pengembangan aplikasi dan pemecahan masalah teknis yang terkait dengan komputer dan jaringan.

4. Akuntansi

Jurusan Akuntansi juga tersedia di SMK Tunas Harapan Pati. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar tentang prinsip akuntansi dasar, pencatatan keuangan, pengelolaan keuangan, dan analisis laporan keuangan. Mereka juga akan dilatih dalam menggunakan perangkat lunak akuntansi yang umum digunakan dalam dunia usaha.

BACA JUGA:   Biaya Les Privat SD per Bulan

5. Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran menawarkan pelatihan dalam bidang administrasi dan manajemen perkantoran. Siswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari tentang kemampuan komunikasi bisnis, pengelolaan dokumen, penanganan surat-menyurat, serta pengaturan jadwal. Mereka juga akan dilatih dalam mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak perkantoran modern.

SMK Tunas Harapan Pati menjaga kualitas pendidikan dengan melengkapi fasilitas laboratorium yang lengkap sesuai dengan jurusan yang ditawarkan. Selain itu, sekolah juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan praktik kerja (Prakerin) di perusahaan-perusahaan terkait. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis yang bermanfaat dan mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja.

*Note: Selain jurusan-jurusan yang disebutkan di atas, SMK Tunas Harapan Pati juga menawarkan jurusan lain seperti Teknik Bangunan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, dan Usaha Perjalanan Wisata.

*Note: Artikel ini dibuat tanpa pendahuluan dan kesimpulan.

Also Read

Bagikan: