Jurusan SMK 35 Jakarta

Victoria Suryatmi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 35 Jakarta adalah salah satu sekolah kejuruan di Jakarta yang menyediakan berbagai program studi dalam bidang teknologi dan kejuruan. SMK 35 Jakarta memiliki tujuan untuk melengkapi siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja.

Program Studi di SMK 35 Jakarta

SMK 35 Jakarta menawarkan berbagai program studi yang disesuaikan dengan tren dan kebutuhan industri saat ini. Beberapa program studi yang tersedia di SMK 35 Jakarta antara lain:

  1. Teknik Informatika
    Program studi ini fokus pada pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, dan pemrograman. Siswa akan mempelajari bahasa pemrograman, desain aplikasi, dan manajemen jaringan. Lulusan program studi ini memiliki keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam industri teknologi informasi.

  2. Teknik Elektronika
    Program studi ini mengajarkan siswa tentang dasar-dasar elektronika, perakitan, dan pemeliharaan perangkat elektronik. Siswa akan belajar tentang komponen elektronik, sirkuit, dan peralatan pengukuran. Lulusan program studi ini dapat bekerja di bidang perbaikan elektronik atau menjadi teknisi elektronika.

  3. Teknik Otomotif
    Program studi ini mengajarkan siswa tentang mekanika otomotif, perbaikan kendaraan, dan perawatan mobil. Siswa akan mempelajari tentang sistem kendaraan, komponen mesin, dan pemeliharaan kendaraan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan untuk bekerja di bengkel, dealer mobil, atau menjadi mekanik otomotif.

  4. Teknik Listrik
    Program studi ini fokus pada instalasi, perawatan, dan perbaikan sistem kelistrikan. Siswa akan mempelajari tentang instalasi kabel, pemeliharaan peralatan listrik, dan troubleshooting. Lulusan program studi ini dapat bekerja di bidang instalasi listrik, perusahaan energi, atau menjadi teknisi listrik.

BACA JUGA:   Pusat Pendidikan Agama: Pondok Pesantren Gratis di Jambi

Keunggulan SMK 35 Jakarta

SMK 35 Jakarta memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk melanjutkan pendidikan kejuruan. Berikut adalah beberapa keunggulan dari SMK 35 Jakarta:

  1. Kurikulum yang Relevan dengan Industri
    SMK 35 Jakarta memiliki kurikulum yang dirancang secara khusus untuk mempersiapkan siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kurikulum ini terus diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren industri terbaru.

  2. Pengajar yang Berkualitas
    SMK 35 Jakarta memiliki pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Mereka membantu siswa dalam memahami konsep-konsep teknis dan memberikan pelatihan praktis untuk mengasah keterampilan siswa. Pengajar di SMK 35 Jakarta juga sering berkolaborasi dengan industri untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia kerja.

  3. Fasilitas dan Laboratorium yang Lengkap
    SMK 35 Jakarta dilengkapi dengan fasilitas dan laboratorium yang lengkap sesuai dengan program studi yang ditawarkan. Siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan praktis di lingkungan yang nyata dengan menggunakan peralatan dan teknologi terbaru.

  4. Koneksi dengan Dunia Kerja
    SMK 35 Jakarta memiliki jaringan kerja yang kuat dengan industri dan perusahaan terkait. Hal ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan magang atau penempatan kerja setelah lulus. SMK 35 Jakarta juga sering mengadakan kegiatan dan seminar industri untuk memberikan wawasan tentang perkembangan terkini dalam industri.

Persyaratan Masuk SMK 35 Jakarta

Untuk masuk ke SMK 35 Jakarta, siswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan SMP atau sederajat
    Calon siswa SMK 35 Jakarta harus telah lulus dari SMP atau sederajat.

  2. Tes Seleksi
    Calon siswa akan mengikuti tes seleksi yang meliputi tes tulis dan tes wawancara. Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat dan bakat siswa serta memastikan siswa cocok dengan program studi yang dipilih.

  3. Dokumen Pendukung
    Calon siswa juga harus melengkapi dokumen-dokumen pendukung seperti rapor SMP, fotokopi kartu keluarga, dan pas foto.

BACA JUGA:   SMP Negeri 4 Naringgul: Pendidikan Berkualitas di Pedalaman Cianjur

Kesimpulan

SMK 35 Jakarta adalah sekolah kejuruan yang menyediakan program studi dalam bidang teknologi dan kejuruan. Dengan kurikulum yang relevan, pengajar berkualitas, fasilitas yang lengkap, dan koneksi dengan dunia kerja, SMK 35 Jakarta merupakan pilihan yang baik untuk melanjutkan pendidikan kejuruan. Untuk masuk ke SMK 35 Jakarta, calon siswa harus memenuhi persyaratan seperti lulusan SMP atau sederajat dan mengikuti tes seleksi.

Also Read

Bagikan: