Sejarah SMPN 2 Wates, Kediri

Ella Winarsih

Pendahuluan

SMPN 2 Wates, Kediri merupakan salah satu sekolah menengah pertama di daerah Kediri yang memiliki sejarah panjang dan prestasi yang gemilang. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah sekolah ini, latar belakang pendirian, fasilitas utama, dan prestasi yang telah diraih oleh SMPN 2 Wates, Kediri.

Latar Belakang Pendirian

SMPN 2 Wates, Kediri didirikan pada tahun 1960 sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan di daerah Kediri. Pada awalnya, sekolah ini didirikan dengan nama Sekolah Guru Bantu (SGB) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Seiring berjalannya waktu, keperluan pendidikan di daerah Kediri semakin meningkat. Oleh karena itu, pada tahun 1985, SGB diubah statusnya menjadi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dan berganti nama menjadi SMPN 2 Wates, Kediri.

Fasilitas Utama

SMPN 2 Wates, Kediri memiliki berbagai fasilitas yang mendukung proses pembelajaran para siswa. Beberapa fasilitas utama yang tersedia di sekolah ini antara lain:

  1. Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan peralatan pembelajaran modern.
  2. Perpustakaan yang lengkap dengan berbagai macam referensi dan buku pelajaran.
  3. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan perangkat keras dan lunak terkini.
  4. Laboratorium IPA yang dilengkapi dengan peralatan eksperimen yang modern.
  5. Lapangan olahraga yang luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lapangan bola, lapangan voli, dan jaringan permainan lainnya.
  6. Aula serbaguna untuk kegiatan ekstrakurikuler dan acara sekolah.
  7. Kantin yang menyediakan makanan dan minuman sehat untuk para siswa.

Prestasi yang Diraih

SMPN 2 Wates, Kediri telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Beberapa prestasi yang dapat disorot antara lain:

  1. Juara 1 dalam lomba cerdas cermat tingkat Kabupaten Kediri.
  2. Juara 3 dalam kompetisi robotika tingkat provinsi.
  3. Juara 2 dalam Lomba Debat Bahasa Inggris tingkat Jawa Timur.
  4. Juara Harapan 1 dalam turnamen sepak bola antar sekolah di Kediri.
BACA JUGA:   Tentang SMK Malahayati

Prestasi yang diraih oleh SMPN 2 Wates, Kediri merupakan bukti komitmen sekolah dalam memberikan pendidikan berkualitas dan melatih siswa untuk mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang.

Kesimpulan

SMPN 2 Wates, Kediri memiliki sejarah panjang dan prestasi yang gemilang dalam dunia pendidikan. Dengan fasilitas yang lengkap dan prestasi yang diraih, sekolah ini terus berupaya memberikan pendidikan terbaik bagi para siswanya. SMPN 2 Wates, Kediri merupakan lembaga pendidikan yang patut dibanggakan oleh masyarakat Kediri.

Also Read

Bagikan: