Jurusan Listrik di SMK

Clara Hassanah

Jurusan Listrik di SMK adalah salah satu jurusan yang menawarkan pelatihan dan pendidikan dalam bidang kelistrikan. Jurusan ini menekankan pada penerapan dan pengembangan pengetahuan serta keterampilan di bidang ketenagalistrikan.

Mata Pelajaran

Dalam jurusan Listrik di SMK, terdapat beberapa mata pelajaran inti yang diajarkan kepada para siswa. Beberapa mata pelajaran umum yang diajarkan meliputi:

  1. Elektronika Dasar: Merupakan mata pelajaran yang memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang rangkaian elektronika seperti hukum dasar rangkaian, komponen elektronika, dan pemahaman mengenai alat ukur elektronika.
  2. Instalasi Listrik: Memiliki fokus pada pemasangan dan pemeliharaan instalasi listrik, termasuk pemasangan kabel, saklar, stop kontak, dan lain-lain.
  3. Sistem Kontrol Listrik: Meliputi pengenalan tentang sistem kontrol otomatis, seperti rangkaian kontrol motor, timer, relay, dan pemrograman PLC (Programmable Logic Controller).
  4. Pemrograman Mikrokontroler: Mata pelajaran ini mengajarkan siswa untuk memahami dan menguasai pemrograman mikrokontroler, serta aplikasinya dalam rangkaian elektronika.
  5. Teknik Mekanik Listrik: Mata pelajaran ini mengajarkan dasar-dasar mekanik listrik, termasuk pemasangan dan pemeliharaan motor listrik, gearbox, dan perangkat mekanik listrik lainnya.

Selain mata pelajaran inti, siswa juga akan mempelajari mata pelajaran umum seperti matematika, fisika, bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, yang sangat penting dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Praktik dan Pelatihan

Jurusan Listrik di SMK sangat berfokus pada aspek praktik dan pelatihan. Hal ini dikarenakan banyak pekerjaan di bidang kelistrikan yang membutuhkan keterampilan praktis. Siswa SMK Listrik akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan praktik seperti:

  1. Praktik Instalasi Listrik: Siswa akan mempelajari dan mempraktikkan pemasangan komponen listrik seperti saklar, stop kontak, dan pemasangan kabel.
  2. Praktik Pemrograman Mikrokontroler: Siswa akan mempelajari cara memprogram mikrokontroler dan menerapkannya dalam rangkaian elektronika.
  3. Praktik Sistem Kontrol: Siswa akan mempelajari dan mempraktikkan penggunaan rangkaian kontrol otomatis seperti relay, timer, dan PLC (Programmable Logic Controller).
  4. Praktik Perawatan Mesin Listrik: Siswa akan mempelajari dan mempraktikkan perawatan motor listrik, gearbox, dan perangkat mekanik listrik lainnya.
BACA JUGA:   SMA Highfield Jakarta Timur

Selama pelatihan, siswa akan didampingi oleh guru yang berpengalaman dalam bidang kelistrikan. Praktik ini sangat penting karena memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan kelistrikan.

Kesempatan Karir

Lulusan dari jurusan Listrik di SMK memiliki banyak kesempatan karir yang menjanjikan. Beberapa bidang karir yang dapat dijalani oleh lulusan jurusan Listrik meliputi:

  1. Teknisi Listrik: Lulusan bisa bekerja sebagai teknisi listrik yang bertanggung jawab dalam perbaikan, pemasangan, dan pemeliharaan instalasi listrik. Mereka dapat bekerja di berbagai industri seperti perumahan, komersial, dan industri.
  2. Teknisi Elektronika: Lulusan dapat bekerja sebagai teknisi elektronika yang merancang, memperbaiki, dan memelihara perangkat elektronik seperti televisi, radio, dan perangkat elektronik lainnya.
  3. Teknisi Perawatan Mesin: Lulusan juga bisa bekerja sebagai teknisi perawatan mesin listrik seperti motor listrik, generator, dan peralatan listrik lainnya.
  4. Perancang Sistem Kontrol: Lulusan bisa mengambil peran sebagai perancang sistem kontrol otomatis untuk industri atau perusahaan yang membutuhkan otomatisasi proses.

Kesempatan karir dalam bidang kelistrikan sangat luas dan memberikan peluang untuk berkembang secara profesional. Keterampilan yang diperoleh dalam jurusan Listrik di SMK akan menjadi modal berharga bagi lulusan dalam memasuki dunia kerja di bidang kelistrikan.

Kesimpulan

Jurusan Listrik di SMK menawarkan pendidikan dan pelatihan yang luas dalam bidang kelistrikan. Melalui mata pelajaran inti dan praktik, siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkarir dalam berbagai bidang di industri kelistrikan. Lulusan jurusan Listrik di SMK memiliki peluang yang baik untuk mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan dan berkembang dalam bidang kelistrikan.

Also Read

Bagikan: