Jurusan di UIM Madinah

Elvina Rahimah

Universitas Islam Madinah (UIM) Madinah, atau yang juga dikenal sebagai Islamic University of Madinah, merupakan universitas yang terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. UIM Madinah merupakan salah satu universitas terkemuka yang menyediakan pendidikan tinggi dalam bidang agama Islam dan ilmu-ilmu sosial. Berikut adalah beberapa jurusan yang tersedia di UIM Madinah:

1. Fakultas Ushuluddin (Fakultas Keagamaan)

Fakultas Ushuluddin merupakan fakultas yang menawarkan program studi dalam bidang agama Islam dan pendalaman ilmu-ilmu agama. Program studi di fakultas ini mencakup studi tentang Al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Sejarah Islam, dan Studi Perbandingan Agama. Fakultas ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang memahami dan mampu mengaplikasikan ajaran agama Islam secara komprehensif.

2. Fakultas Bahasa Arab

Fakultas Bahasa Arab di UIM Madinah menawarkan program studi dalam bidang bahasa Arab dan sastra Arab. Program studi di fakultas ini mencakup pembelajaran bahasa Arab dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan, sastra Arab, serta metode pengajaran bahasa Arab. Fakultas ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan sarjana yang mampu berkomunikasi dan menguasai bahasa Arab dengan baik.

3. Fakultas Bahasa Inggris

Fakultas Bahasa Inggris di UIM Madinah menyediakan program studi dalam bidang bahasa Inggris dan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Program studi di fakultas ini mencakup penguasaan bahasa Inggris secara komprehensif, grammar, writing skills, reading comprehension, dan listening skills. Fakultas ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang memiliki kemahiran bahasa Inggris yang baik untuk menghadapi tantangan global.

BACA JUGA:   Kursus Akuntansi Surabaya

4. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora di UIM Madinah menawarkan program studi dalam bidang ilmu sosial dan humaniora, seperti Psikologi, Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Ilmu Politik. Program studi di fakultas ini mengajarkan teori, metodologi, dan penerapan ilmu-ilmu sosial serta humaniora. Fakultas ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang memiliki pemahaman yang mendalam akan isu-isu sosial dan kemampuan analitis yang baik.

5. Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Fakultas Dakwah dan Komunikasi merupakan fakultas yang menawarkan program studi dalam bidang dakwah dan komunikasi Islam. Program studi di fakultas ini mencakup studi tentang metode dakwah, media dakwah, komunikasi massa, dan studi tentang peran media dalam dakwah. Fakultas ini memiliki tujuan untuk melahirkan sarjana yang memiliki keahlian dalam menyampaikan nilai-nilai Islam dan mampu berkomunikasi dengan efektif dalam masyarakat.

6. Fakultas Studi Islam bagi Asing (FIT)

Fakultas Studi Islam bagi Asing (FIT) di UIM Madinah adalah fakultas yang ditujukan bagi mahasiswa asing yang ingin memperdalam studi tentang Islam dalam bahasa Arab. Program studi di fakultas ini mencakup pelajaran tentang agama Islam, bahasa Arab, serta studi tentang budaya dan sejarah Arab. Fakultas ini bertujuan untuk menyediakan pendidikan Islam yang berkualitas bagi mahasiswa asing.

Itulah beberapa jurusan yang tersedia di Universitas Islam Madinah (UIM) Madinah. Setiap jurusan memiliki keunikannya sendiri dalam mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir atau mengejar pendalaman ilmu dalam bidang yang mereka minati.

Also Read

Bagikan: