Jurusan di SMKN 5 Surabaya

Ella Winarsih

SMKN 5 Surabaya adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Sekolah ini menyediakan berbagai jurusan atau program keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Berikut adalah beberapa jurusan yang dapat dipilih oleh para siswa di SMKN 5 Surabaya:

1. Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) mempelajari tentang instalasi, konfigurasi, dan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Siswa yang memilih jurusan ini akan belajar mengenai jaringan komputer, administrasi server, serta pemrograman.

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) fokus pada pengembangan software atau perangkat lunak. Para siswa akan belajar mengenai analisis kebutuhan, desain, pengkodean, dan pengujian aplikasi perangkat lunak.

3. Teknik Kendaraan Ringan

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) melatih siswa dalam perawatan, perbaikan, dan modifikasi kendaraan bermotor. Mereka akan mempelajari tentang sistem mekanik, elektronik, dan otomotif.

4. Teknik Sepeda Motor

Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) serupa dengan jurusan TKR, namun lebih spesifik pada kendaraan roda dua yaitu sepeda motor. Siswa akan belajar tentang perawatan, perbaikan, dan modifikasi sepeda motor.

5. Multimedia

Jurusan Multimedia mempelajari tentang desain grafis, produksi audio-video, dan animasi. Para siswa akan belajar mengenai desain visual, pengolahan gambar, pembuatan animasi, serta pengeditan audio dan video.

6. Akuntansi

Jurusan Akuntansi melatih siswa dalam bidang keuangan dan akuntansi. Mereka akan mempelajari tentang dasar-dasar akuntansi, pengelolaan keuangan, serta aplikasi perangkat lunak akuntansi.

BACA JUGA:   SDIT At Taqwa Surabaya

7. Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis mengajarkan siswa tentang manajemen, administrasi, dan kegiatan perkantoran. Mereka akan mempelajari tentang pengelolaan data, komunikasi bisnis, serta perencanaan dan pengorganisasian acara.

8. Pemasaran

Jurusan Pemasaran mempelajari tentang strategi pemasaran, penjualan, serta promosi produk dan jasa. Siswa akan belajar mengenai riset pasar, media pemasaran, dan metode penjualan.

9. Tata Busana

Jurusan Tata Busana melatih siswa dalam bidang fashion, desain busana, dan tata rias. Mereka akan mempelajari tentang pembuatan pola, menjahit pakaian, serta merancang dan mengembangkan produk fashion.

10. Tata Boga

Jurusan Tata Boga mempelajari tentang Seni Kuliner dan pengolahan makanan. Para siswa akan belajar tentang teknik memasak, dekorasi makanan, serta manajemen restoran dan layanan pelanggan.

Itulah beberapa jurusan yang dapat dipilih oleh para siswa di SMKN 5 Surabaya. Setiap jurusan memiliki keahlian khusus dan peluang karir yang berbeda. Pemilihan jurusan sebaiknya didasarkan pada minat dan bakat siswa serta peluang kerja di masa depan. SMKN 5 Surabaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka dan siap memasuki dunia kerja sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.

Also Read

Bagikan: