Jumlah Unsur Kebudayaan Universal Menurut Koentjaraningrat

Clara Hassanah

Menurut Koentjaraningrat, terdapat sepuluh unsur kebudayaan universal. Unsur-unsur ini dapat ditemukan di berbagai budaya di seluruh dunia. Dalam penelitiannya, Koentjaraningrat mengidentifikasi elemen-elemen yang ada pada kebudayaan yang ada di masyarakat manusia.

1. Bahasa

Bahasa adalah salah satu unsur kebudayaan universal yang paling menonjol. Setiap budaya memiliki sistem komunikasi yang unik melalui linguistik verbal atau non-verbal.

2. Norma dan Nilai

Norma dan nilai adalah peraturan dan prinsip yang mengatur perilaku masyarakat. Meskipun norma dan nilai bisa bervariasi antara budaya-budaya yang berbeda, adanya aturan sosial dan penilaian dalam setiap kebudayaan menunjukkan bahwa ini adalah unsur kebudayaan universal.

3. Sistem Kepercayaan

Sistem kepercayaan merujuk pada keyakinan religius, spiritual, atau filosofis yang dipegang oleh masyarakat. Meskipun agama dan kepercayaan bisa sangat berbeda di setiap budaya, adanya keyakinan pada sesuatu yang lebih tinggi atau kekuatan yang lebih besar merupakan unsur yang universal.

4. Seni dan Ekspresi Kreatif

Seni dan ekspresi kreatif merupakan bagian integral dari kebudayaan manusia. Musik, tari, seni rupa, dan bentuk ekspresi lainnya hadir di setiap budaya dan merupakan cara masyarakat menuangkan kreativitas serta berbagi cerita dan pengalaman mereka.

5. Struktur Sosial

Setiap masyarakat memiliki struktur sosial yang mengatur hubungan dan peran antara individu-individu dalam kelompok. Ada istilah keluarga, kesukuan, kasta, atau sistem kelas yang menunjukkan adanya unsur struktur sosial dalam kebudayaan manusia.

6. Pakaian dan Mode

Pakaian dan mode adalah salah satu cara penting yang digunakan oleh masyarakat untuk mengekspresikan identitas dan budaya mereka. Meskipun gaya pakaian dapat sangat berbeda antar budaya, adanya pemakaian pakaian dalam setiap kebudayaan menunjukkan bahwa ini adalah unsur kebudayaan universal.

BACA JUGA:   Kebudayaan Adalah Sistem yang Terintegrasi

7. Alat dan Teknologi

Penggunaan alat dan teknologi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan kebudayaan mereka. Setiap budaya mengembangkan alat dan teknologi yang unik untuk memenuhi kebutuhan mereka, seperti alat pertanian, alat musik, maupun komputer dan smartphone modern.

8. Mata Pencaharian

Setiap masyarakat memiliki cara untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Mata pencaharian seperti berburu, bertani, berdagang, atau bekerja sebagai profesional adalah unsur kebudayaan universal yang menggambarkan bagaimana masyarakat memperoleh nafkah.

9. Sistem Pendidikan

Pendidikan adalah cara di mana pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai budaya ditransmisikan dari generasi ke generasi. Setiap budaya memiliki sistem pendidikan yang unik untuk mengajarkan pengetahuan dan membentuk wawasan masyarakat.

10. Sistem Pengaturan Waktu

Setiap budaya memiliki cara yang berbeda dalam mengatur waktu. Mulai dari kalender tradisional, sistem waktu, hingga ketepatan waktu dalam kesepakatan sosial merupakan unsur pengaturan waktu dalam kebudayaan.

Dengan mengidentifikasi sepuluh unsur ini, Koentjaraningrat mengakui adanya kesamaan dalam keberadaan kebudayaan manusia di seluruh dunia. Meskipun implementasinya bisa berbeda dalam setiap budaya, unsur-unsur ini merupakan elemen utama yang membedakan manusia dengan makhluk lain di planet ini.

Also Read

Bagikan: