Desa Ringinharjo, Kabupaten Bantul

Ella Winarsih

Pendahuluan

Desa Ringinharjo merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Keunikan Desa Ringinharjo

Desa Ringinharjo memiliki beberapa keunikan yang menjadikannya daya tarik bagi wisatawan. Salah satunya adalah adanya Kali Winong yang melintasi desa ini. Kali Winong memiliki air yang jernih dan sejuk, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk bermain atau mandi di sungai ini.

Selain itu, Desa Ringinharjo juga memiliki kebun sayuran yang subur dan terkenal. Para petani di desa ini banyak mengolah lahan pertanian yang menghasilkan berbagai jenis sayuran seperti sawi, wortel, dan lainnya. Wisatawan juga bisa memanen sayuran sendiri atau membelinya langsung dari petani.

Tempat Wisata di Desa Ringinharjo

Desa Ringinharjo juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Air Terjun Sambi Sari. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan terletak di tengah hutan yang rimbun. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar serta berenang di kolam air terjun yang jernih.

Selain itu, Desa Ringinharjo juga memiliki Goa Gua Jatijajar, sebuah gua alam dengan stalaktit dan stalakmit yang indah. Wisatawan dapat menjelajahi gua ini dengan pemandu lokal dan menikmati keunikan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama ribuan tahun.

Tradisi dan Budaya Desa Ringinharjo

Desa Ringinharjo juga kaya akan kebudayaan dan tradisi. Salah satu tradisi yang terkenal adalah tradisi Grebeg Suro yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan Suro (Muharam dalam penanggalan Hijriyah). Tradisi ini melibatkan seluruh warga desa dalam mengarak berbagai peninggalan leluhur seperti pusaka, topeng, dan keris.

BACA JUGA:   Pengenalan SMK 3 Pematang Siantar

Selain itu, Desa Ringinharjo juga memiliki kelompok kesenian tradisional yang aktif dalam mempertahankan budaya lokal. Beberapa kesenian tradisional yang banyak ditampilkan adalah tari-tarian, pertunjukan gamelan, dan pencak silat.

Kesimpulan

Dengan keindahan alamnya, tempat wisata yang menarik, serta tradisi dan budaya yang kaya, Desa Ringinharjo merupakan destinasi yang sempurna bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya lokal. Desa ini menjadi contoh yang baik dalam melestarikan warisan budaya dan alam sesuai dengan konsep pariwisata berkelanjutan.

Also Read

Bagikan: