Daerah Asal Suku Sunda di Provinsi Jawa Barat

Victoria Suryatmi

Suku Sunda adalah salah satu suku bangsa di Indonesia yang merupakan bagian dari suku bangsa Indonesia asli. Suku Sunda bermukim di wilayah provinsi Jawa Barat, dengan mayoritas populasi mereka terdapat di daerah-daerah tertentu di provinsi ini.

Kabupaten/Kota Sunda

Di provinsi Jawa Barat, terdapat beberapa kabupaten/kota yang menjadi pusat pemukiman suku Sunda. Beberapa daerah tersebut antara lain:

  1. Kabupaten Bandung: Kabupaten Bandung merupakan salah satu daerah dengan komunitas suku Sunda yang besar. Suku Sunda di kabupaten ini terdapat di berbagai kecamatan seperti Kecamatan Cimahi, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Lembang.

  2. Kabupaten Bogor: Kabupaten Bogor juga merupakan daerah yang banyak dihuni oleh suku Sunda. Beberapa kecamatan yang menjadi pusat pemukiman suku Sunda di kabupaten ini antara lain Kecamatan Bogor Selatan, Kecamatan Bogor Tengah, dan Kecamatan Bogor Barat.

  3. Kota Bandung: Kota Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat dan juga memiliki banyak populasi suku Sunda. Mayoritas penduduk di kota ini merupakan suku Sunda. Beberapa kecamatan yang menjadi pusat pemukiman suku Sunda di Kota Bandung antara lain Kecamatan Bandung Kulon, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Cibeunying.

  4. Kota Bogor: Kota Bogor juga memiliki populasi suku Sunda yang signifikan. Beberapa kecamatan yang menjadi pusat pemukiman suku Sunda di Kota Bogor adalah Kecamatan Bogor Timur, Kecamatan Bogor Utara, dan Kecamatan Bogor Selatan.

Keberadaan Suku Sunda di Provinsi Lain

Selain di provinsi Jawa Barat, suku Sunda juga dapat ditemui di beberapa provinsi lain di Indonesia. Beberapa provinsi tersebut antara lain:

  1. Banten: Provinsi Banten memiliki populasi suku Sunda yang cukup besar, terutama di daerah-daerah seperti Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

  2. DKI Jakarta: Sebagian besar penduduk Jakarta juga memiliki latar belakang suku Sunda, mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Jawa Barat.

  3. Lampung: Di provinsi Lampung, terutama di Lampung Barat dan Lampung Selatan, terdapat populasi suku Sunda yang cukup signifikan.

  4. Jawa Tengah: Beberapa daerah di provinsi Jawa Tengah seperti Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas juga memiliki penduduk suku Sunda yang tidak sedikit.

BACA JUGA:   Kebudayaan Nasional Berakar pada Kebudayaan

Kesimpulan

Suku Sunda sebagian besar terdapat di provinsi Jawa Barat, dengan beberapa kabupaten/kota menjadi pusat pemukiman mereka. Namun, suku Sunda juga tersebar di provinsi lain di Indonesia seperti Banten, DKI Jakarta, Lampung, dan Jawa Tengah. Keberadaan suku Sunda ini menunjukkan keragaman budaya yang kaya di Indonesia.

Also Read

Bagikan: