Budaya Non Benda yang Ada di Lampung

Darma Kai

Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya. Tak hanya budaya benda seperti pakaian adat, rumah tradisional, dan kerajinan tangan, tetapi juga terdapat berbagai budaya non benda yang melekat kuat dalam kehidupan masyarakat Lampung. Budaya non benda ini dapat berupa nilai-nilai dan norma-norma yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh budaya non benda yang ada di Lampung.

1. Gotong Royong

Gotong royong merupakan prinsip kehidupan yang sangat kuat dalam budaya masyarakat Lampung. Konsep ini mengajarkan pentingnya saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Gotong royong biasanya dilakukan dalam kegiatan seperti membantu tetangga dalam pembersihan rumah, membangun rumah bersama-sama, atau membuat sajian makanan untuk acara bersama. Prinsip gotong royong ini masih dijaga dan diterapkan dengan sungguh-sungguh oleh masyarakat Lampung.

2. Adat Istiadat

Adat istiadat adalah bagian tak terpisahkan dari budaya non benda di Lampung. Lampung memiliki beragam suku dengan adat istiadat yang berbeda-beda. Adat istiadat ini mengatur tata cara berperilaku, berpakaian, dan berhubungan antar sesama. Contoh adat istiadat yang masih dijunjung tinggi di Lampung adalah perkawinan adat, ritual keagamaan, dan upacara adat seperti pengucapan syukur hasil panen.

3. Nilai Religius

Budaya non benda yang kuat di Lampung juga mencakup nilai-nilai religius. Agama mayoritas di Lampung adalah Islam, dan nilai-nilai religius terlihat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari beribadah, menghormati orang tua, hingga menjaga kebersihan lingkungan. Orang Lampung sangat menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama yang mereka anut.

BACA JUGA:   Ciri Khas Kebudayaan Suku Sunda

4. Tradisi Lisan dan Seni Pertunjukan

Lampung memiliki tradisi lisan yang kaya, seperti pepatah, pantun, dan dongeng-dongeng yang turun temurun dari generasi ke generasi. Tradisi ini membantu mempertahankan identitas budaya Lampung. Selain itu, Lampung juga terkenal dengan seni pertunjukan tradisionalnya, seperti tari sajojo, tari lampung, dan tari gending sriwijaya. Seni pertunjukan ini menjadi wujud nyata dari budaya non benda yang kaya di Lampung.

5. Kebersamaan dan Keramahan

Budaya non benda di Lampung juga mengajarkan pentingnya kebersamaan dan keramahan. Masyarakat Lampung terkenal dengan keramahan dan sikap ramah terhadap tamu. Mereka senang bertemu dengan orang baru dan selalu siap membantu jika ada yang membutuhkan. Kebersamaan dan keramahan ini mencerminkan nilai-nilai luhur yang dipelihara dalam budaya masyarakat Lampung.

Budaya non benda yang ada di Lampung memiliki peran penting dalam membentuk identitas dan kehidupan masyarakat setempat. Keberagaman nilai dan norma yang diwariskan dari generasi ke generasi membuat Lampung menjadi tempat yang unik dan menarik untuk menjelajahi kekayaan budaya. Dengan menjaga dan melestarikan budaya non benda ini, masyarakat Lampung dapat mempertahankan jati diri mereka dan memperkaya ragam budaya Indonesia secara keseluruhan.

Also Read

Bagikan: