Analisis Logo SMK Pasundan 2 Bandung

Darma Kai

Latar Belakang

SMK Pasundan 2 Bandung merupakan sebuah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di kota Bandung. Seperti halnya sekolah-sekolah lainnya, SMK Pasundan 2 Bandung memiliki logo yang menjadi identitas lembaga tersebut. Logo SMK Pasundan 2 Bandung menjadi simbol dari sekolah tersebut dan menggambarkan nilai dan visi dari lembaga tersebut. Pada artikel ini, akan dijelaskan secara detail mengenai logo SMK Pasundan 2 Bandung.

Deskripsi Logo

Logo SMK Pasundan 2 Bandung terdiri dari beberapa elemen yang memiliki makna dan simbolik tersendiri. Berikut adalah deskripsi dari setiap elemen logo tersebut.

1. Tiga Gunung

Logo ini memiliki gambar tiga gunung yang melambangkan cita-cita tinggi, kemajuan, dan prestasi yang ingin dicapai oleh SMK Pasundan 2 Bandung. Gunung-gunung tersebut juga melambangkan keindahan alam dan kekokohan yang menjadi simbol keberanian dan semangat untuk menghadapi tantangan.

2. Buku Terbuka

Di tengah gambar gunung, terdapat gambar buku yang terbuka. Buku melambangkan pengetahuan, pembelajaran, dan pendidikan yang menjadi fokus utama dari SMK Pasundan 2 Bandung. Buku terbuka ini juga menggambarkan semangat untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri.

3. Bendera

Di sebelah kanan gambar buku terbuka, terdapat gambar bendera. Bendera melambangkan kebanggaan dan patriotisme terhadap sekolah dan negara. Gambar bendera ini juga mengingatkan siswa untuk memiliki rasa cinta tanah air dan berperan aktif dalam memajukan bangsa.

4. Gagang Pena

Di sebelah kiri gambar buku terbuka, terdapat gambar gagang pena. Gagang pena melambangkan literasi, kreativitas, dan kemampuan untuk menulis dan berkomunikasi dengan baik. Pena ini juga menggambarkan minat dan bakat siswa dalam dunia tulis-menulis dan komunikasi.

BACA JUGA:   SMA 9 Gowa

5. Warna

Logo SMK Pasundan 2 Bandung didominasi oleh warna biru dan putih. Warna biru melambangkan ketenangan, kepercayaan, dan kestabilan, sedangkan warna putih melambangkan kesucian, kebersihan, dan kesederhanaan. Kombinasi warna biru dan putih ini menggambarkan sekolah yang mengedepankan nilai-nilai positif dan profesionalisme.

Kesimpulan

Logo SMK Pasundan 2 Bandung adalah sebuah simbol yang merepresentasikan identitas dan nilai-nilai dari lembaga tersebut. Melalui gambar tiga gunung, buku terbuka, bendera, dan gagang pena, logo ini menggambarkan semangat untuk mencapai prestasi tinggi, fokus pada pendidikan dan pembelajaran, rasa cinta tanah air, minat dalam dunia tulis-menulis dan komunikasi, serta nilai-nilai positif yang dipegang oleh sekolah. Dengan dominasi warna biru dan putih, logo ini juga menunjukkan kesucian, ketenangan, dan profesionalisme yang diprioritaskan oleh SMK Pasundan 2 Bandung.

Also Read

Bagikan: