TK Al Uswah Surabaya

Victoria Suryatmi

TK Al Uswah Surabaya adalah sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berlokasi di Surabaya. Sekolah ini didirikan dengan tujuan memberikan pendidikan yang berkualitas dan Islami kepada para anak-anak usia dini.

Fasilitas

TK Al Uswah Surabaya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar para siswanya. Beberapa fasilitas yang tersedia di TK Al Uswah Surabaya antara lain:

  1. Ruang Belajar yang Nyaman: Ruang kelas di TK ini dirancang dengan baik untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan kursi dan meja yang sesuai dengan ukuran anak-anak. Selain itu, ruang kelas juga dilengkapi dengan papan tulis dan berbagai media pembelajaran yang menarik.

  2. Perpustakaan: TK Al Uswah Surabaya memiliki perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku-buku cerita dan buku pelajaran yang sesuai dengan usia anak-anak. Melalui perpustakaan, anak-anak diajak untuk membaca dan menjelajahi dunia pengetahuan.

  3. Area Bermain: TK ini juga memiliki area bermain yang aman dan terawat. Di sini, anak-anak dapat bermain dengan bebas, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan motorik mereka secara aktif.

  4. Ruang Seni: Untuk mengembangkan minat dan bakat seni anak-anak, TK Al Uswah Surabaya menyediakan ruang seni yang dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti pensil warna, cat air, dan kanvas.

  5. Lapangan Olahraga: TK ini memiliki lapangan olahraga yang luas, dimana anak-anak dapat bermain sepak bola, bulu tangkis, atau berbagai permainan olahraga lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya olahraga dan menjaga kesehatan fisik anak-anak.

Kurikulum

TK Al Uswah Surabaya menerapkan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dengan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Kurikulum ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak usia dini, baik dari segi kognitif, fisik, emosional, maupun sosial.

BACA JUGA:   Pondok Pesantren di Serang, Banten

Beberapa bidang pembelajaran yang diajarkan di TK Al Uswah Surabaya antara lain:

  1. Pendidikan Agama: Anak-anak diajarkan tentang ajaran dan nilai-nilai agama Islam melalui cerita dan kegiatan yang menarik.

  2. Bahasa: Anak-anak diperkenalkan kepada bahasa Indonesia melalui pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, seperti bermain peran dan melalui lagu.

  3. Matematika: Melalui permainan dan aktivitas sehari-hari, anak-anak diajarkan dasar-dasar matematika seperti pengenalan angka, penghitungan, dan pemecahan masalah sederhana.

  4. IPA (Ilmu Pengetahuan Alam): Anak-anak diperkenalkan kepada konsep dasar ilmu pengetahuan alam melalui observasi, percobaan, dan eksperimen sederhana.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Selain pembelajaran di dalam kelas, TK Al Uswah Surabaya juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan antara lain:

  1. Seni Musik: Anak-anak dapat belajar memainkan alat musik seperti piano atau gitar, serta belajar bernyanyi.

  2. Tari dan Drama: Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat belajar gerakan tari dan berakting dalam pertunjukan teater.

  3. Olahraga: Di TK ini juga terdapat kegiatan olahraga seperti senam, renang, dan berbagai permainan olahraga lainnya.

  4. Keterampilan Kreatif: Anak-anak diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kreatif mereka melalui kegiatan membuat kerajinan tangan.

Tenaga Pendidik

TK Al Uswah Surabaya memiliki tenaga pendidik yang berpengalaman dan berkualifikasi. Guru-guru di sini tidak hanya menguasai bidang pendidikan, tetapi juga memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai Islami. Mereka berkomitmen untuk memberikan pengajaran yang terbaik kepada anak-anak.

Dengan pendekatan yang berbasis nilai-nilai Islami, TK Al Uswah Surabaya memberikan pendidikan yang holistik kepada anak-anak. Melalui fasilitas yang lengkap, kurikulum yang berkualitas, dan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, TK ini hadir sebagai pilihan yang tepat untuk orang tua yang ingin memberikan pendidikan Islami kepada anak usia dini mereka di Surabaya.

Also Read

Bagikan: