Suku Sunda dari Daerah Mana?

Clara Hassanah

Sebagai salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia, Suku Sunda memiliki asal-usul dan penyebaran yang cukup menarik. Suku Sunda terutama tersebar di wilayah Jawa Barat, meskipun ada pula yang tinggal di daerah sekitarnya seperti Banten, Jakarta, dan Lampung. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi asal-usul suku Sunda dan daerah-daerah yang menjadi pusat tinggal mereka.

Asal-Usul Suku Sunda

Menurut catatan sejarah, Suku Sunda dipercaya berasal dari kerajaan Galuh dan kerajaan Pajajaran. Kerajaan Galuh berdiri di wilayah Jawa Barat bagian barat, sedangkan kerajaan Pajajaran berada di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Kota Bogor. Kedua kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu-Buddha pada abad ke-7 hingga abad ke-16 Masehi.

Setelah keruntuhan kerajaan Pajajaran pada abad ke-16, penduduk Suku Sunda masih tetap ada di wilayah Jawa Barat. Mereka mendiami kawasan pegunungan di daerah tersebut, seperti Pegunungan Halimun, Pegunungan Pangrango, dan Pegunungan Gede.

Daerah Pusat Suku Sunda

Wilayah Jawa Barat menjadi pusat tinggal utama Suku Sunda. Provinsi ini terletak di bagian barat Pulau Jawa dan memiliki ibu kota Bandung. Di dalam Jawa Barat, terdapat beberapa daerah yang mayoritas penduduknya adalah Suku Sunda. Beberapa daerah tersebut antara lain:

  1. Kabupaten Bandung: Terdiri dari beberapa kecamatan seperti Cimahi, Lembang, dan Soreang, Kabupaten Bandung menjadi salah satu daerah dengan mayoritas penduduk Suku Sunda. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alamnya, seperti Kawah Putih dan Situ Patenggang.
  2. Kabupaten Sumedang: Terletak di bagian barat Jawa Barat, Sumedang juga dihuni oleh mayoritas Suku Sunda. Kabupaten ini sangat terkenal dengan makanan tradisionalnya, seperti Nasi Tutug Oncom dan Tahu Sumedang.
  3. Kota Bogor: Meskipun secara geografis berada di Provinsi Jawa Barat, Kota Bogor secara administratif merupakan wilayah otonom. Kota ini juga dikenal sebagai salah satu tempat tinggal mayoritas penduduk Suku Sunda.
BACA JUGA:   Kebudayaan Abris Sous Roche

Selain daerah-daerah di Jawa Barat, Suku Sunda juga tersebar di daerah-daerah di sekitar Jawa Barat seperti Banten, Jakarta, dan Lampung. Hal ini disebabkan oleh migrasi penduduk yang terjadi sepanjang sejarah, terutama karena pertimbangan ekonomi dan pekerjaan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Suku Sunda berasal dari kerajaan Galuh dan kerajaan Pajajaran yang berada di wilayah Jawa Barat. Mereka masih tinggal di wilayah tersebut hingga saat ini. Daerah pusat tinggal utama Suku Sunda adalah Jawa Barat, dengan beberapa daerah seperti Bandung, Sumedang, dan Kota Bogor menjadi tempat tinggal mayoritas penduduk Suku Sunda. Selain itu, terdapat juga Suku Sunda yang tinggal di daerah sekitar Jawa Barat seperti Banten, Jakarta, dan Lampung.

Also Read

Bagikan: