Struktur dan Program Studi di STIKES Insan Seagung Bangkalan

Elvina Rahimah

STIKES Insan Seagung Bangkalan merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan program studi di bidang kesehatan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai struktur dan program studi yang ada di STIKES Insan Seagung Bangkalan.

Struktur Organisasi STIKES Insan Seagung Bangkalan

STIKES Insan Seagung Bangkalan memiliki struktur organisasi yang terdiri dari beberapa bagian penting. Berikut adalah struktur organisasi dalam STIKES Insan Seagung Bangkalan:

  1. Rektorat: Merupakan bagian teratas dari struktur organisasi yang bertanggung jawab atas pengelolaan keseluruhan perguruan tinggi.

  2. Wakil Rektor: Bertanggung jawab langsung kepada rektor dan membantu dalam menjalankan tugas dan fungsi perguruan tinggi.

  3. Fakultas: Terdiri dari beberapa fakultas yang memiliki program studi yang berbeda-beda di bidang kesehatan, seperti fakultas keperawatan, fakultas farmasi, dan fakultas bidan.

  4. Program Studi: Setiap fakultas memiliki beberapa program studi yang spesifik di bidang kesehatan. Misalnya, dalam fakultas keperawatan terdapat program studi keperawatan umum dan keperawatan anak.

  5. Departemen: Dalam setiap program studi terdapat departemen yang memiliki tugas dan fungsi khusus dalam mengelola kurikulum, pembelajaran, dan riset di bidang kesehatan.

Program Studi yang Ditawarkan di STIKES Insan Seagung Bangkalan

STIKES Insan Seagung Bangkalan menawarkan berbagai program studi yang relevan dengan bidang kesehatan. Berikut adalah beberapa program studi yang ditawarkan:

  1. Keperawatan: Program studi keperawatan mempelajari praktik keperawatan dan pelayanan kesehatan kepada pasien di berbagai setting, seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek keperawatan, termasuk penanganan pasien, manajemen perawatan, dan praktik klinis.

  2. Farmasi: Program studi farmasi mempelajari tentang sains farmasi, penggunaan obat-obatan, dan distribusi obat dengan tepat dan aman kepada pasien. Mahasiswa akan mempelajari tentang farmakologi, kimia obat, etika farmasi, dan manajemen farmasi.

  3. Bidan: Program studi bidan mempelajari tentang perawatan kesehatan ibu hamil, persalinan, dan pasca persalinan. Mahasiswa akan mempelajari mengenai pemeriksaan kehamilan, penanganan persalinan normal, serta pelayanan kesehatan reproduksi.

  4. Kebidanan: Program studi kebidanan mempelajari tentang asuhan antenatal, natal, dan postnatal di berbagai setting pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, bidan praktek, puskesmas, dan klinik swasta.

  5. Kesehatan Masyarakat: Program studi kesehatan masyarakat mempelajari tentang promosi kesehatan, pencegahan penyakit, dan manajemen kesehatan di masyarakat. Mahasiswa akan mempelajari tentang epidemiologi, kebijakan kesehatan, dan intervensi kesehatan di tingkat populasi.

BACA JUGA:   BIMBEL MOJOKERTO

Setiap program studi di STIKES Insan Seagung Bangkalan memiliki kurikulum yang telah disesuaikan dengan standar nasional pendidikan di bidang kesehatan. Mahasiswa akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang komprehensif sesuai dengan program studi yang diambil.

Melalui struktur organisasi yang baik dan program studi yang berkualitas, STIKES Insan Seagung Bangkalan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di bidang kesehatan.

Also Read

Bagikan: