SMPN 3 Rangkasbitung

Clara Hassanah

Sejarah Singkat SMPN 3 Rangkasbitung

SMPN 3 Rangkasbitung adalah salah satu sekolah menengah pertama yang terletak di Rangkasbitung, Banten. Sekolah ini didirikan pada tahun 1975 dengan tujuan memberikan pendidikan berkualitas kepada para generasi muda di wilayah tersebut.

Fasilitas dan Infrastruktur

SMPN 3 Rangkasbitung memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap untuk menunjang proses belajar mengajar. Beberapa fasilitas yang ada antara lain:

  1. Ruang Kelas: SMPN 3 Rangkasbitung memiliki ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti papan tulis, meja, dan kursi yang memadai untuk siswa-siswi.

  2. Perpustakaan: Terdapat perpustakaan yang berisi berbagai macam buku pelajaran, fiksi, non-fiksi, dan referensi lainnya. Siswa dapat mengakses perpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan dan membaca buku-buku yang diminati.

  3. Laboratorium: Terdapat laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk praktik pelajaran sains seperti fisika, kimia, dan biologi.

  4. Ruang Kepala Sekolah: Ruang Kepala Sekolah menjadi tempat bagi siswa-siswi untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dengan kepala sekolah terkait masalah akademik dan non-akademik.

  5. Lapangan Olahraga: SMPN 3 Rangkasbitung memiliki lapangan olahraga yang memadai untuk kegiatan fisik dan olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan voli.

Kurikulum dan Ekstrakurikuler

SMPN 3 Rangkasbitung menerapkan Kurikulum 2013 yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara komprehensif, termasuk aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Selain pembelajaran di dalam kelas, SMPN 3 Rangkasbitung juga memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa-siswi. Beberapa ekstrakurikuler yang tersedia antara lain:

  1. Pramuka: Siswa-siswi dapat bergabung dengan kegiatan pramuka untuk mengembangkan kepemimpinan, kemandirian, dan keterampilan bertahan hidup.

  2. Pasukan Pengibar Bendera: Bagi siswa-siswi yang tertarik dengan kegiatan kepramukaan dan seni, mereka dapat bergabung dengan pasukan pengibar bendera untuk belajar tentang tata cara pengibaran bendera.

  3. Klub Bahasa Inggris: Siswa-siswi yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dapat mengikuti kegiatan di klub bahasa Inggris yang diadakan di sekolah.

  4. Klub Bulu Tangkis: Siswa-siswi yang tertarik dengan olahraga bulu tangkis dapat bergabung dengan klub bulu tangkis untuk berlatih dan mengikuti kompetisi.

BACA JUGA:   SDN Cilincing 09 Pagi: Pilar Pendidikan di Jakarta Utara

Prestasi

SMPN 3 Rangkasbitung juga telah meraih beberapa prestasi baik di tingkat lokal maupun nasional. Prestasi-prestasi tersebut mencakup berbagai bidang seperti akademik, seni, dan olahraga. Beberapa prestasi yang telah diraih antara lain:

  1. Juara dalam Olimpiade Sains Nasional
  2. Juara dalam Lomba Pidato Bahasa Indonesia
  3. Juara dalam Lomba Seni Musik Daerah
  4. Juara dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Kota Rangkasbitung

Alumni Terkenal

SMPN 3 Rangkasbitung telah melahirkan alumni-alumni yang sukses dan berprestasi di berbagai bidang. Beberapa alumni terkenal yang berasal dari SMPN 3 Rangkasbitung antara lain:

  1. Prof. Dr. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. (Gubernur Jawa Barat)
  2. Dr. Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan RI)
  3. Drh. Ir. Hj. Rita Subowo, M.Sc. (Mantan Ketua Umum KONI)
  4. Prof. Dr. H. Asep Kadarohman, S.H., M.H. (Dosen dan Peneliti Hukum)

Kesimpulan

SMPN 3 Rangkasbitung adalah sekolah menengah pertama yang terletak di Rangkasbitung, Banten. Sekolah ini memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap, menerapkan Kurikulum 2013, dan memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler. SMPN 3 Rangkasbitung juga telah meraih berbagai prestasi dan melahirkan alumni-alumni yang berprestasi.

Also Read

Bagikan: