SMKN Parungponteng

Darma Kai

SMKN Parungponteng adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terletak di Parungponteng, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sekolah ini menyediakan berbagai program kejuruan untuk siswa yang tertarik dalam bidang-bidang tertentu, seperti Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Otomasi Industri, dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Fasilitas

SMKN Parungponteng memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar dan pengembangan bakat siswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki antara lain:

  1. Kelas yang Nyaman: Ruang kelas yang dilengkapi dengan meja, kursi, dan papan tulis yang memadai serta pencahayaan yang baik.
  2. Laboratorium Komputer dan Jaringan: Dilengkapi dengan komputer dan perangkat jaringan yang memadai untuk mendukung pembelajaran di bidang TKJ.
  3. Bengkel: Terdapat bengkel otomotif yang dilengkapi dengan peralatan mekanik lengkap untuk pembelajaran di bidang TKR.
  4. Perpustakaan: Menyediakan berbagai buku, referensi, dan materi pembelajaran untuk mendukung pengetahuan siswa.
  5. Laboratorium Bahasa: Tempat bagi siswa untuk mempraktikkan kemampuan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris.
  6. Ruang Kesenian: Untuk mengembangkan bakat siswa di bidang seni dan musik.
  7. Ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah): Menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi siswa dan juga sebagai tempat penyuluhan kesehatan.

Program Kejuruan

SMKN Parungponteng menawarkan berbagai program kejuruan yang dapat dipilih oleh siswa sesuai minat dan bakatnya. Beberapa program kejuruan yang ditawarkan adalah:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ): Program ini mengajarkan siswa tentang pemrograman, jaringan komputer, instalasi perangkat keras dan perangkat lunak, serta pemecahan masalah di bidang teknologi informasi.
  2. Teknik Otomasi Industri: Program ini melatih siswa dalam hal pengoperasian dan pemeliharaan sistem otomasi industri, seperti PLC (Programmable Logic Controller), SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition), dan pneumatik/hidraulik.
  3. Teknik Kendaraan Ringan (TKR): Program ini mengajarkan siswa tentang perawatan, perbaikan, dan modifikasi kendaraan bermotor, termasuk sistem kelistrikan, mesin, dan sistem suspensi.
BACA JUGA:   Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang

Ekstrakurikuler

SMKN Parungponteng juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan soft skill. Beberapa ekstrakurikuler yang ditawarkan meliputi:

  1. Paduan Suara: Kegiatan paduan suara yang melatih siswa dalam bernyanyi secara harmonis.
  2. Teater: Membangun kemampuan berakting dan berpidato dalam sebuah pertunjukan teater.
  3. Tari Tradisional: Melestarikan budaya Indonesia melalui pembelajaran tari-tarian tradisional.
  4. UKS Club: Mengikuti kegiatan-kegiatan UKS seperti penyuluhan kesehatan dan kegiatan pengabdian masyarakat.

Melalui program kejuruan dan kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan, SMKN Parungponteng berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan potensi siswa dalam bidang yang diminati. Dengan fasilitas yang lengkap dan didukung oleh tenaga pengajar yang berkualifikasi, SMKN Parungponteng siap membekali siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Also Read

Bagikan: