SMKN 2 Kraksaan

Elvina Rahimah

SMKN 2 Kraksaan, atau disebut juga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kraksaan, adalah sebuah lembaga pendidikan vokasi di Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur. Sekolah ini menawarkan program pendidikan kejuruan untuk siswa tingkat menengah yang ingin mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di bidang tertentu.

Latar Belakang

SMKN 2 Kraksaan didirikan pada tahun 1989 dengan tujuan memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan untuk siswa dalam mempersiapkan mereka masuk ke dunia kerja. Sekolah ini secara konsisten berupaya meningkatkan kurikulum dan fasilitasnya agar sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

Program Kejuruan

SMKN 2 Kraksaan menawarkan beberapa program kejuruan yang terdiri dari berbagai bidang, antara lain:

  1. Teknik Elektronika Industri
  2. Teknik Otomotif
  3. Teknik Komputer dan Jaringan
  4. Teknik Pengelasan
  5. Teknik Pemesinan
  6. Tata Busana
  7. Kecantikan Rambut

Setiap program kejuruan memiliki kurikulum yang didesain khusus agar siswa dapat mempelajari dan menguasai keterampilan yang sesuai dengan bidang yang mereka minati. Para siswa akan mendapatkan pemahaman teoritis dan praktis yang seimbang melalui berbagai mata pelajaran dan pelatihan di laboratorium dan workshop yang modern.

Fasilitas dan Sarana

SMKN 2 Kraksaan memiliki fasilitas dan sarana yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Kelas dengan peralatan multimedia
  2. Laboratorium komputer
  3. Laboratorium bahasa
  4. Workshop untuk praktik kejuruan
  5. Perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku dan referensi
  6. Ruang olahraga dan lapangan basket
  7. Ruang multimedia dan studio desain grafis

Fasilitas yang lengkap ini membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan praktis mereka dan mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam dunia industri.

Prestasi

SMKN 2 Kraksaan telah mencatat beberapa prestasi di tingkat nasional maupun internasional dalam berbagai ajang kompetisi kejuruan. Prestasi-prestasi ini membuktikan kualitas pendidikan dan pelatihan yang diberikan oleh sekolah ini kepada siswanya.

BACA JUGA:   Bahasa Jepang - Sungai

Kerja Sama Industri

Sebagai sekolah vokasi, SMKN 2 Kraksaan menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan industri di Probolinggo dan sekitarnya. Kerja sama ini memungkinkan siswa untuk mengikuti program magang atau prakerin di perusahaan-perusahaan ternama, sehingga mereka dapat memperoleh pengalaman kerja yang berharga sebelum lulus.

Kegiatan Ekstrakurikuler

SMKN 2 Kraksaan juga menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa, seperti pramuka, seni budaya, dan olahraga. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa dan melatih kemampuan sosial mereka.

Kesimpulan

SMKN 2 Kraksaan adalah sekolah vokasi yang memberikan pendidikan kejuruan berkualitas di Kraksaan, Probolinggo. Melalui berbagai program kejuruan, fasilitas yang lengkap, prestasi yang gemilang, kerja sama dengan industri, dan kegiatan ekstrakurikuler, sekolah ini berhasil mencetak lulusan yang siap menghadapi dunia kerja.

Also Read

Bagikan: