SMK MJPS 3 Tasikmalaya

Darma Kai

SMK MJPS 3 Tasikmalaya adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Tasikmalaya. Sekolah ini menyediakan berbagai program keahlian untuk siswa agar siap memasuki dunia kerja setelah lulus.

Program Keahlian

SMK MJPS 3 Tasikmalaya memiliki beberapa program keahlian yang ditawarkan kepada siswanya. Program keahlian ini dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan khusus dalam bidang tertentu. Berikut beberapa program keahlian yang ada di SMK MJPS 3 Tasikmalaya:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  2. Teknik Otomotif
  3. Teknik Elektronika Industri
  4. Akuntansi
  5. Administrasi Perkantoran
  6. Tata Busana
  7. Multimedia
  8. Desain Grafis

Kurikulum

SMK MJPS 3 Tasikmalaya menggunakan kurikulum yang telah disesuaikan dengan standar pendidikan yang berlaku di Indonesia. Kurikulum ini mencakup mata pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris, serta mata pelajaran kejuruan yang sesuai dengan program keahlian yang diambil oleh siswa.

Kurikulum SMK MJPS 3 Tasikmalaya juga memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan praktis dan pemahaman konsep secara mendalam. Melalui mata pelajaran kejuruan, siswa diberikan pelatihan dan pembelajaran yang relevan dengan dunia kerja.

Fasilitas

SMK MJPS 3 Tasikmalaya menyediakan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di SMK MJPS 3 Tasikmalaya antara lain:

  1. Ruang kelas yang dilengkapi dengan LCD projector dan papan tulis interaktif.
  2. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan peralatan dan software terbaru.
  3. Bengkel dan ruang praktikum yang lengkap untuk program keahlian teknik.
  4. Perpustakaan dengan koleksi buku dan referensi yang beragam.
  5. Ruang multimedia untuk program keahlian multimedia dan desain grafis.
  6. Lapangan olahraga dan ruang serbaguna.
  7. Kantin dan ruang makan siswa.

Peluang Karir

Lulusan SMK MJPS 3 Tasikmalaya memiliki peluang karir yang baik setelah lulus. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang mereka peroleh selama di sekolah, lulusan SMK MJPS 3 Tasikmalaya dapat bekerja di berbagai sektor industri sesuai dengan program keahlian yang mereka pilih.

BACA JUGA:   Penguasaan Rumus Matematika: Kunci Sukses dari SD hingga SMA

Misalnya, lulusan program keahlian TKJ dapat bekerja sebagai teknisi komputer, teknisi jaringan, atau web developer. Sedangkan lulusan program keahlian otomotif dapat bekerja di bengkel otomotif atau perusahaan manufaktur mobil.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Selain program keahlian, SMK MJPS 3 Tasikmalaya juga memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang non-akademik serta meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di SMK MJPS 3 Tasikmalaya antara lain:

  1. Klub fotografi
  2. Paduan suara
  3. Kegiatan olahraga (sepak bola, basket, bulu tangkis, dll.)
  4. Kegiatan seni (teater, tari, seni lukis, dll.)
  5. Karate
  6. Kegiatan lingkungan hidup (kegiatan kebersihan, penghijauan, dll.)

Kesimpulan

SMK MJPS 3 Tasikmalaya adalah sekolah menengah kejuruan yang menyediakan berbagai program keahlian untuk siswa. Dengan kurikulum yang disesuaikan, fasilitas yang memadai, dan peluang karir yang baik, SMK MJPS 3 Tasikmalaya menjadi pilihan yang tepat bagi siswa yang ingin mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler, siswa juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang non-akademik.

Also Read

Bagikan: