SMK 5 Makassar

Victoria Suryatmi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Makassar juga dikenal sebagai SMK 5 Makassar, adalah sebuah lembaga pendidikan menengah vokasional di Makassar, Sulawesi Selatan. Sekolah ini memberikan pelatihan vokasional kepada siswa untuk mempersiapkan mereka dalam dunia kerja.

Profil SMK 5 Makassar

SMK 5 Makassar didirikan pada tahun 1987 dan sejak itu telah menghasilkan lulusan yang berkualitas di berbagai bidang keahlian. Sekolah ini terletak di Jalan Abdi Negara, Kota Makassar, yang memudahkan akses bagi siswa dari berbagai daerah di sekitarnya.

SMK 5 Makassar menawarkan berbagai program keahlian yang sesuai dengan perkembangan industri dan kebutuhan pasar. Beberapa program keahlian yang ada di SMK 5 Makassar antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan
  2. Akuntansi
  3. Administrasi Perkantoran
  4. Teknik Otomotif
  5. Teknik Elektronika Industri
  6. Teknik Pengelasan
  7. Tata Busana
  8. Tata Boga

Kurikulum dan Pembelajaran

SMK 5 Makassar mengimplementasikan kurikulum yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Kurikulum ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada siswa, sehingga mereka siap untuk bekerja setelah lulus.

Selain pembelajaran teori, SMK 5 Makassar juga menyediakan fasilitas laboratorium dan workshop yang lengkap. Hal ini memungkinkan siswa untuk mempraktikkan keterampilan yang mereka pelajari di lingkungan yang mirip dengan dunia kerja sebenarnya.

Sertifikasi dan Kerja Sama Industri

SMK 5 Makassar berusaha untuk meningkatkan kualitas lulusan dengan melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan dan industri. Sekolah ini berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan industri.

Selain itu, SMK 5 Makassar juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan sertifikasi keahlian yang diakui secara nasional. Dengan memiliki sertifikat, lulusan SMK 5 Makassar memiliki nilai tambah ketika mencari pekerjaan.

BACA JUGA:   Inpres 42/2021: Percepatan Sistem Digitalisasi di Kwamki Baru

Prestasi dan Ekstrakurikuler

SMK 5 Makassar juga dikenal karena prestasi-prestasi yang telah diraihnya dalam berbagai kompetisi dan lomba. Sekolah ini mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang yang mereka minati.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK 5 Makassar antara lain:

  • Eskul Olahraga (sepak bola, bulu tangkis, voli)
  • Eskul Seni (tari, musik)
  • Eskul Pramuka
  • Eskul Kewirausahaan

Sarana dan Prasarana

SMK 5 Makassar memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan kegiatan siswa. Sekolah ini dilengkapi dengan laboratorium komputer, ruang praktik, perpustakaan, lapangan olahraga, dan ruang kelas yang nyaman.

Kesimpulan

SMK 5 Makassar adalah sekolah vokasional yang menyediakan pendidikan berkualitas dan relevan dengan dunia kerja. Dengan kurikulum yang sesuai, sertifikasi keahlian, kerja sama industri, dan kegiatan ekstrakurikuler, SMK 5 Makassar memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka dan siap untuk memasuki dunia kerja.

Also Read

Bagikan: