SMK 2 Pinrang

Elvina Rahimah

SMK 2 Pinrang adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang terletak di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Sekolah ini memiliki berbagai program jurusan yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Sejarah

SMK 2 Pinrang didirikan pada tahun 1980 dengan tujuan untuk membekali generasi muda Pinrang dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dalam dunia kerja. Sejak berdiri, sekolah ini telah menghasilkan banyak lulusan yang berhasil sukses di dunia kerja.

Program Jurusan

SMK 2 Pinrang memiliki beberapa program jurusan yang dapat dipilih oleh siswa. Beberapa program jurusan yang populer di SMK 2 Pinrang antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  3. Akuntansi
  4. Administrasi Perkantoran
  5. Tata Boga
  6. Tata Busana
  7. Teknik Audio Video
  8. Teknik Sepeda Motor

Setiap program jurusan di SMK 2 Pinrang dilengkapi dengan fasilitas dan laboratorium yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran. Siswa akan mendapatkan teori dan praktek langsung dalam bidang keahlian yang dipilih.

Kurikulum

SMK 2 Pinrang menggunakan kurikulum yang menggabungkan antara teori dan praktik. Kurikulum ini dirancang untuk mempersiapkan siswa agar memiliki kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu, sekolah ini juga aktif dalam melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan kompetisi yang relevan dengan bidang keahlian mereka.

Kerjasama dengan Industri

SMK 2 Pinrang menjalin berbagai kerjasama dengan perusahaan dan industri di sekitar area Pinrang. Kerjasama ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengikuti program magang dan praktik kerja di dunia nyata. Dengan adanya kerjasama ini, siswa dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan praktis yang memadai sebelum lulus.

BACA JUGA:   Biaya Pesantren Darunnajah Serang Banten

Prestasi Siswa

Siswa SMK 2 Pinrang telah meraih berbagai prestasi di tingkat regional dan nasional. Prestasi yang diraih mencakup kompetisi dalam bidang keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan program jurusan mereka. SMK 2 Pinrang bangga memiliki siswa yang berbakat dan berdedikasi.

Sarana dan Prasarana

SMK 2 Pinrang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran dan kegiatan siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan LCD projector
  2. Laboratorium komputer dengan perangkat keras dan lunak terkini
  3. Laboratorium keterampilan praktis seperti dapur, ruang jahit, dan peralatan tata rias
  4. Perpustakaan dengan koleksi buku dan referensi yang lengkap
  5. Lapangan olahraga dan ruang serbaguna untuk kegiatan ekstrakurikuler

Rekrutmen Siswa Baru

Untuk menjadi siswa SMK 2 Pinrang, calon siswa harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh sekolah. Persyaratan yang umumnya diperlukan antara lain lulusan SMP atau sederajat, mengikuti ujian seleksi, dan menunjukkan minat yang kuat dalam jurusan yang dipilih.

Kesimpulan

SMK 2 Pinrang adalah sekolah menengah kejuruan yang memberikan pendidikan keterampilan dan pengetahuan yang berkualitas untuk siswa di Kabupaten Pinrang. Dengan program jurusan yang beragam, sarana dan prasarana yang memadai, serta kerjasama dengan industri, SMK 2 Pinrang siap mengantarkan siswa menuju masa depan yang sukses di dunia kerja.

Also Read

Bagikan: