Sekolah Kedinasan di Solo

Ella Winarsih

Solo, atau disebut juga dengan Surakarta, adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan sejarah dan budayanya. Selain itu, Solo juga memiliki beberapa sekolah kedinasan yang dapat menjadi pilihan untuk mereka yang tertarik untuk menjadi anggota atau pegawai di lembaga-lembaga pemerintahan. Berikut ini adalah beberapa sekolah kedinasan yang terletak di Solo.

1. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akademi Kepolisian (Akpol) merupakan sekolah kedinasan yang mempersiapkan calon-calon perwira polisi untuk menjadi pemimpin di tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Akpol terletak di Jl. Ir. Sutami, Kecamatan Jebres, Solo. Selama tiga tahun, para calon perwira polisi akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan militer serta ilmu kepolisian yang meliputi pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas polisi.

2. Akademi Militer (Akmil)

Akademi Militer (Akmil) adalah sekolah kedinasan yang bertujuan untuk melahirkan perwira-perwira TNI AD yang berkualitas. Terletak di Jl. Gatot Subroto, Solo, Akmil memberikan pendidikan dan pelatihan selama empat tahun kepada para calon perwira TNI. Selama masa pendidikan, mereka akan dilatih kecakapan dalam bidang militer, kepemimpinan, dan teori-teori yang berhubungan dengan pertahanan negara.

3. Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN adalah sekolah tinggi kedinasan yang fokus pada bidang keuangan. Terletak di Solo, STAN menawarkan Program Studi Diploma III dalam berbagai jurusan seperti Akuntansi, Keuangan Negara, dan Pajak. STAN menghasilkan tenaga-tenaga profesional di bidang keuangan yang ditempatkan di berbagai lembaga pemerintah, terutama di Kementerian Keuangan.

BACA JUGA:   SMA Negeri Tomo

4. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah sekolah tinggi kedinasan yang mempersiapkan calon-calon pilot untuk menjadi anggota Aviasi Sipil Indonesia. Terletak di Sukoharjo, Solo, STPI menawarkan program pendidikan dan pelatihan untuk tingkat diploma dan sarjana. Selama masa pendidikan, para calon pilot akan mempelajari teori penerbangan, navigasi, meteorologi, dan keterampilan terbang.

5. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) adalah sekolah kedinasan yang fokus pada bidang transportasi darat. Terletak di Colomadu, Karanganyar, sekitar 15 km dari pusat Kota Solo, STTD menawarkan program pendidikan dan pelatihan untuk tingkat diploma dan sarjana. Para siswa yang lulus dari STTD akan menjadi tenaga ahli di bidang transportasi darat, seperti pengatur lalu lintas dan perencana transportasi.

Itulah beberapa sekolah kedinasan yang terletak di Solo. Masing-masing sekolah tersebut memiliki tugas dan fokus pendidikan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan lembaga pemerintahan yang mereka layani. Bagi mereka yang berminat untuk mengabdikan diri di bidang kepolisian, militer, keuangan, penerbangan, atau transportasi darat, sekolah-sekolah di Solo dapat menjadi pilihan yang tepat untuk meraih karir kedinasan yang diimpikan.

Also Read

Bagikan: