Sekilas Tentang SMAN 2 Pangkalan Kerinci

Ella Winarsih

Latar Belakang

SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci atau disingkat SMAN 2 Kerinci merupakan salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Sekolah ini memiliki sejarah yang panjang dan telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan di daerah tersebut.

Sejarah

SMAN 2 Pangkalan Kerinci didirikan pada tanggal 10 November 1982. Pada awalnya, sekolah ini bernama SMA Negeri 2 Pelalawan. Setelah adanya pemekaran Kabupaten Pelalawan menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak, maka SMA Negeri 2 Pelalawan berubah namanya menjadi SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci.

Visi dan Misi

Visi dari SMAN 2 Pangkalan Kerinci adalah menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik, berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta kebangsaan yang dicintai. Sedangkan misinya adalah menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter, mengembangkan peserta didik berbasis teknologi informasi, dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Fasilitas Sekolah

SMAN 2 Pangkalan Kerinci memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan pengembangan potensi peserta didik. Beberapa fasilitas yang tersedia di SMA ini antara lain:

  1. Ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas multimedia
  2. Perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam
  3. Laboratorium Fisika, Kimia, dan Biologi
  4. Ruang komputer dengan akses internet cepat
  5. Lapangan olahraga yang luas
  6. Kantin yang menyediakan makanan dan minuman sehat
  7. Ruang ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat peserta didik

Program Akademik dan Ekstrakurikuler

SMAN 2 Pangkalan Kerinci menawarkan program akademik yang berkualitas dengan kurikulum yang disesuaikan dengan standar pendidikan nasional. Beberapa program yang ditawarkan antara lain program IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

BACA JUGA:   SMK Siwa Lima Langgur

Selain itu, sekolah ini juga memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik. Beberapa ekstrakurikuler yang populer di sekolah ini antara lain:

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Paduan Suara
  4. Seni Tari dan Musik
  5. Bahasa Inggris
  6. Debating Club
  7. Bulu Tangkis
  8. Sepak Bola

Prestasi

SMAN 2 Pangkalan Kerinci telah meraih banyak prestasi baik di tingkat regional maupun nasional. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh sekolah ini antara lain:

  1. Juara Olimpiade Sains Nasional
  2. Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah
  3. Juara Lomba Debat Bahasa Indonesia
  4. Juara Lomba Paduan Suara
  5. Juara Lomba Paskibra

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa SMAN 2 Pangkalan Kerinci adalah sebuah sekolah menengah atas yang memiliki sejarah yang panjang dan telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan di daerah tersebut. Sekolah ini memiliki fasilitas yang lengkap, program akademik dan ekstrakurikuler yang berkualitas, serta telah meraih banyak prestasi. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi para calon siswa yang ingin mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter.

Also Read

Bagikan: