SD Tunas Harapan Semarang

Darma Kai

Latar Belakang

SD Tunas Harapan Semarang adalah sebuah sekolah dasar yang terletak di Semarang. Sekolah ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak-anak di wilayah Semarang dan sekitarnya. SD Tunas Harapan Semarang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan optimal setiap anak.

Visi dan Misi

Visi dari SD Tunas Harapan Semarang adalah menjadi sekolah unggulan yang berdedikasi dalam mencetak generasi yang cerdas, beriman, berbudi pekerti luhur, dan berkarakter Indonesia. Misi sekolah ini antara lain adalah:

  1. Memberikan pendidikan yang bermutu dan komprehensif sesuai dengan perkembangan anak.
  2. Mengembangkan potensi akademik dan non-akademik setiap anak melalui pembelajaran yang variatif dan kreatif.
  3. Menanamkan nilai-nilai moral dan religius kepada setiap siswa.
  4. Membangun kerjasama yang baik antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung pengembangan anak.

Kurikulum

SD Tunas Harapan Semarang menggunakan kurikulum yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013 sebagai landasan utama. Kurikulum ini memiliki pendekatan holistik dan mengintegrasikan pembelajaran antara mata pelajaran. Dalam implementasinya, sekolah ini juga memberikan perhatian khusus pada program literasi dan numerasi guna meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa.

Fasilitas

SD Tunas Harapan Semarang memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan perkembangan anak. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia.
  2. Perpustakaan dengan koleksi buku yang variatif dan telah disesuaikan dengan tingkat usia siswa.
  3. Laboratorium komputer yang dilengkapi dengan perangkat keras dan lunak yang memadai.
  4. Lapangan olahraga yang luas untuk kegiatan fisik dan olahraga siswa.
  5. Ruang seni yang dilengkapi dengan alat-alat musik dan perlengkapan seni lainnya.
BACA JUGA:   Cara Belajar Mengaji untuk Orang Tua

Kegiatan Ekstrakurikuler

SD Tunas Harapan Semarang juga menawarkan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat, dan soft skill siswa. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh siswa antara lain:

  1. Klub musik, dengan kegiatan belajar dan berlatih bermain alat musik.
  2. Klub olahraga, seperti sepak bola, basket, voli, dan tenis meja.
  3. Klub bahasa Inggris, dengan kegiatan belajar bahasa Inggris melalui berbagai metode yang menarik.
  4. Klub seni, dengan kegiatan belajar menggambar, melukis, dan membuat kerajinan tangan.
  5. Klub sains, dengan eksperimen-eksperimen sederhana yang menarik.

Kemitraan dengan Orang Tua

SD Tunas Harapan Semarang sangat mendorong peran aktif orang tua dalam pendidikan anak-anak. Mereka mengadakan pertemuan rutin antara orang tua dan guru untuk berkomunikasi mengenai perkembangan anak. Selain itu, sekolah ini juga mengadakan berbagai kegiatan bersama antara orang tua, siswa, dan guru, seperti kegiatan kebersihan sekolah, perlombaan keluarga, dan seminar parenting.

Penerimaan Siswa Baru

SD Tunas Harapan Semarang membuka penerimaan siswa baru setiap tahunnya. Proses seleksi dilakukan secara transparan dan adil. Calon siswa dan orang tua diharapkan mendatangi sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas-berkas yang diperlukan. Kemudian, calon siswa akan mengikuti tes tertulis dan wawancara yang bertujuan untuk mengenal potensi dan minat mereka.

Kesimpulan

SD Tunas Harapan Semarang adalah sekolah dasar yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada anak-anak di Semarang dan sekitarnya. Dengan menggunakan kurikulum yang komprehensif dan melibatkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, sekolah ini bertujuan untuk mencetak generasi cerdas, beriman, berbudi pekerti luhur, dan berkarakter Indonesia. Dukungan orang tua dan kemitraan yang baik antara sekolah, orang tua, dan masyarakat menjadi poin penting dalam membentuk prestasi siswa.

Also Read

Bagikan: