SD Negeri Condongcatur

Elvina Rahimah

SD Negeri Condongcatur adalah sebuah sekolah dasar (SD) yang terletak di wilayah Condongcatur. Wilayah ini terletak di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. SD Negeri Condongcatur merupakan salah satu sekolah dasar yang memainkan peran penting dalam pendidikan dasar di wilayah tersebut.

Lokasi

SD Negeri Condongcatur terletak di Jl. Condongcatur No. XX, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Letaknya cukup strategis, dekat dengan pusat kota Yogyakarta, serta mudah dijangkau oleh berbagai jalur transportasi. Hal ini memudahkan para murid dan orang tua dalam akses ke sekolah.

Fasilitas

SD Negeri Condongcatur dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar-mengajar. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Ruang kelas: SD ini memiliki ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan meja dan kursi yang sesuai dengan standar ergonomi. Setiap kelas dilengkapi dengan papan tulis dan proyektor sebagai alat bantu mengajar.

  2. Perpustakaan: Sekolah ini juga memiliki perpustakaan yang berisi berbagai macam buku pelajaran, ensiklopedia, fiksi, dan non-fiksi. Perpustakaan ini dapat digunakan oleh siswa untuk membaca dan memperluas pengetahuan mereka di luar jam pelajaran.

  3. Laboratorium: SD Negeri Condongcatur juga memiliki laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan untuk eksperimen sains. Dengan adanya laboratorium ini, siswa dapat belajar secara praktik dan meningkatkan pemahaman mereka tentang ilmu pengetahuan.

  4. Lapangan olahraga: Sekolah ini juga memiliki lapangan olahraga yang luas. Lapangan ini digunakan untuk kegiatan fisik, seperti olahraga, senam, dan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Lapangan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan motorik mereka dan menjaga kesehatan.

  5. Ruang seni: SD Negeri Condongcatur juga memiliki ruang seni, seperti ruang musik dan ruang seni lukis. Ruang ini digunakan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang seni. Siswa dapat belajar memainkan alat musik, bernyanyi, menggambar, dan melukis di ruang-ruang ini.

  6. Kantin: Sekolah ini juga dilengkapi dengan kantin yang menyediakan makanan dan minuman sehat untuk siswa. Kantin ini menjadi tempat istirahat dan tempat siswa memperoleh asupan nutrisi yang cukup selama waktu istirahat.

BACA JUGA:   SMK di Pamulang

Kurikulum

SD Negeri Condongcatur mengikuti kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum ini mencakup mata pelajaran dasar, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Pendidikan Agama, dan Pendidikan Jasmani. Selain itu, sekolah ini juga memberikan perhatian pada pengembangan karakter siswa, seperti disiplin, kerjasama, kejujuran, dan nilai-nilai moral lainnya.

Kegiatan Ekstrakurikuler

SD Negeri Condongcatur menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia antara lain:

  1. Pramuka: Siswa dapat bergabung dalam kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah. Kegiatan pramuka ini melibatkan siswa dalam kegiatan alam bebas, keterampilan bertahan hidup, dan pengembangan kepemimpinan.

  2. Seni: Sekolah ini juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler di bidang seni, seperti paduan suara, tari tradisional, band, lukis, dan teater. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengekspresikan bakat dan minat mereka di bidang seni.

  3. Olahraga: SD Negeri Condongcatur juga memiliki klub olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, basket, dan atletik. Keikutsertaan siswa dalam kegiatan olahraga ini membantu mereka dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan keterampilan fisik.

Kerjasama dengan Orang Tua

SD Negeri Condongcatur sangat mengedepankan kerjasama dengan orang tua dalam pendidikan anak. Melalui kegiatan rapat-rapat orang tua dan guru, komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua dapat terjalin. Orang tua juga dapat turut serta dalam kegiatan sekolah, seperti acara pameran sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan sosial lainnya.

Dalam keseluruhan, SD Negeri Condongcatur merupakan sekolah dasar yang berfokus pada pendidikan holistik, meliputi pendidikan akademik, karakter, dan bakat siswa. Dengan fasilitas yang memadai, staf pengajar yang berkualitas, dan kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua, sekolah ini memberikan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi peserta didiknya.

Also Read

Bagikan: