SD Muhammadiyah 16 Surabaya

Elvina Rahimah

Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 16 Surabaya adalah salah satu institusi pendidikan di Surabaya yang dikelola oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Pada artikel ini, akan dibahas detail mengenai SD Muhammadiyah 16 Surabaya, termasuk sejarah, visi dan misi, kurikulum, serta kegiatan sekolah.

Sejarah

SD Muhammadiyah 16 Surabaya didirikan pada tahun tertentu (informasi tahun pendirian). Sejak awal berdirinya, sekolah ini bertujuan untuk menyediakan pendidikan dasar yang berkualitas dengan mengintegrasikan ajaran Islam dalam kurikulumnya. Dalam perjalanannya, SD Muhammadiyah 16 Surabaya telah memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan di Surabaya.

Visi dan Misi

Visi SD Muhammadiyah 16 Surabaya adalah menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam menghasilkan generasi yang berkualitas, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan berkepribadian Islami. Adapun misinya adalah:

  • Membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan zaman.
  • Membangun karakter siswa menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab.
  • Menumbuhkan semangat keagamaan dan memperkuat identitas Islami siswa.
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, ramah, dan inspiratif.

Kurikulum

SD Muhammadiyah 16 Surabaya menerapkan Kurikulum 2013 sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum ini menekankan pengembangan kompetensi siswa dalam berbagai aspek, seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Selain itu, sebagai sekolah berbasis Muhammadiyah, SD Muhammadiyah 16 Surabaya juga menerapkan pendekatan Islami dalam proses pembelajaran. Ini termasuk pengajaran ajaran agama, akhlak mulia, serta nilai-nilai keislaman yang ditanamkan kepada siswa.

Kegiatan Sekolah

SD Muhammadiyah 16 Surabaya menyelenggarakan berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan siswa di luar kegiatan akademik. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan oleh sekolah ini antara lain:

  • Kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, seni budaya, olahraga, dan bahasa asing.
  • Kegiatan pengabdian masyarakat, seperti kegiatan sosial, penggalangan dana, dan bakti sosial.
  • Kegiatan perlombaan, baik di tingkat sekolah maupun di luar sekolah, dalam berbagai bidang, seperti lomba keterampilan, lomba olahraga, dan lomba seni.
BACA JUGA:   Jurusan Listrik di SMK

Dalam semua kegiatan tersebut, SD Muhammadiyah 16 Surabaya senantiasa mengutamakan pembentukan karakter Islami, kepemimpinan, dan kemampuan sosial siswa.

Semoga informasi yang telah disampaikan dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai SD Muhammadiyah 16 Surabaya. SD ini merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen dalam pengembangan pendidikan yang berciri Islami dan berkualitas di Surabaya.

Also Read

Bagikan: