Pondok Pesantren di Probolinggo

Darma Kai

Probolinggo merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan banyaknya pondok pesantren yang ada di kota ini. Pondok pesantren atau pesantren adalah lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang menggabungkan pendidikan agama dan umum.

1. Pondok Pesantren Darul Ulum

Salah satu pondok pesantren terkenal di Probolinggo adalah Pondok Pesantren Darul Ulum. Pesantren ini didirikan oleh KH. Idham Cholil Bangun pada tahun 1971. Pesantren Darul Ulum terletak di Desa Kandangan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Probolinggo.

Pesantren Darul Ulum memiliki program pendidikan mulai dari tingkat dasar (madrasah Diniyah), menengah (madrasah tsanawiyah), hingga tingkat atas (madrasah aliyah). Selain itu, pesantren ini juga memiliki program pesantren kilat, dimana para santri yang berasal dari luar daerah bisa mengikuti program belajar agama selama liburan.

2. Pondok Pesantren Al-Munawwir

Pondok Pesantren Al-Munawwir adalah pondok pesantren yang terletak di Kota Probolinggo. Pondok pesantren ini didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tahun 1943. Pesantren Al-Munawwir terkenal dengan sistem pendidikannya yang menggunakan kombinasi antara metode tradisional dengan metode modern.

Pesantren Al-Munawwir memiliki berbagai program pendidikan seperti pondok pesantren reguler, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah. Pesantren ini juga aktif dalam mengadakan kegiatan dakwah dan pengabdian kepada masyarakat sekitar.

3. Pondok Pesantren At-Tanwir

Pondok Pesantren At-Tanwir adalah pondok pesantren yang terletak di Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Pondok pesantren ini didirikan oleh KH. Mahfudz Syarif pada tahun 1959. Pesantren At-Tanwir dikenal sebagai salah satu pesantren yang fokus pada pengembangan keilmuan agama.

BACA JUGA:   Biaya Universitas Binawan

Pesantren At-Tanwir memiliki program pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Selain itu, pesantren ini juga menerapkan sistem pendidikan dengan pemisahan antara siswa putra dan siswa putri.

4. Pondok Pesantren Al-Huda

Pondok Pesantren Al-Huda merupakan pondok pesantren yang terletak di Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdullah Ali pada tahun 2006. Pesantren Al-Huda terkenal dengan pendekatan pendidikannya yang mengedepankan pembinaan karakter santri.

Pesantren Al-Huda memiliki program pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Pesantren ini juga aktif dalam mengadakan kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat sekitar.

5. Pondok Pesantren Darul Huda

Pondok Pesantren Darul Huda adalah pondok pesantren yang terletak di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Pondok pesantren ini didirikan oleh KH. Zainul Arifin pada tahun 1960. Pesantren Darul Huda terkenal dengan kurikulum pendidikannya yang mengombinasikan antara ilmu agama dan ilmu umum.

Pesantren Darul Huda memiliki program pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat atas. Pesantren ini juga aktif dalam mengadakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Terdapat banyak pondok pesantren di Probolinggo yang memiliki peran penting dalam pendidikan agama dan pengembangan masyarakat di daerah tersebut. Setiap pondok pesantren memiliki ciri khas dan kontribusi tersendiri dalam memajukan pendidikan Islam di Probolinggo.

Also Read

Bagikan: