Pondok Pesantren di Pontianak

Victoria Suryatmi

Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat, memiliki beberapa pondok pesantren yang menjadi tempat pembelajaran agama bagi para santri. Berikut adalah beberapa pondok pesantren yang terkenal di Pontianak:

1. Pondok Pesantren Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah adalah salah satu pondok pesantren tertua di Pontianak. Didirikan pada tahun 1950 oleh KH. Abdullah Hassan, pondok pesantren ini memiliki program pendidikan agama yang holistik, dengan fokus pada ilmu agama, akhlak, dan pengetahuan umum. Pesantren ini juga memiliki fasilitas lengkap, termasuk asrama, masjid, dan perpustakaan.

2. Pondok Pesantren Al-Kahfi

Pondok Pesantren Al-Kahfi merupakan salah satu pondok pesantren ternama di Pontianak. Didirikan pada tahun 1985, pondok pesantren ini menawarkan program pendidikan tingkat dasar hingga menengah. Selain mempelajari ilmu agama, santri juga diajarkan keterampilan praktis seperti pertanian, pengrajin, dan tata boga. Fasilitas yang dimiliki oleh pondok pesantren ini meliputi gedung asrama, ruang kelas, dan lapangan olahraga.

3. Pondok Pesantren Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al-Hikmah merupakan pondok pesantren yang terletak di pinggiran Pontianak. Didirikan pada tahun 2000, pesantren ini memiliki pendidikan yang berbasis salafiyah dan mengajarkan ilmu agama secara komprehensif. Fasilitas yang tersedia di pondok pesantren ini mencakup asrama, masjid, dan ruang belajar yang nyaman.

4. Pondok Pesantren As-Salam

Terletak di daerah Sungai Jawi, Pondok Pesantren As-Salam merupakan salah satu pondok pesantren populer di Pontianak. Didirikan pada tahun 1995, pesantren ini menawarkan program pendidikan agama mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program pengembangan keterampilan seperti kerajinan tangan dan pertanian. Fasilitas yang ada di pondok pesantren ini meliputi asrama, masjid, dan perpustakaan.

BACA JUGA:   SMA Negeri 1 Jatisrono

5. Pondok Pesantren An-Nadhiroh

Pondok Pesantren An-Nadhiroh merupakan pondok pesantren yang terletak di Pontianak Utara. Pesantren ini membawakan konsep pendidikan salafiyah dan memiliki kurikulum yang komprehensif. Selain mempelajari ilmu agama, santri juga diajarkan keterampilan praktis seperti pertanian, kerajinan, dan tata boga. Pondok pesantren ini memiliki fasilitas seperti asrama, masjid, dan perpustakaan.

Itulah beberapa pondok pesantren yang dapat ditemukan di Pontianak. Setiap pondok pesantren memiliki keunikan dan program pendidikan yang berbeda. Para santri dapat memilih pondok pesantren yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka untuk menimba ilmu agama dan mengembangkan diri.

Also Read

Bagikan: