Pilihan Jurusan di SMK 11

Darma Kai

Saat memilih jurusan di SMK 11, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Jurusan yang dipilih akan mempengaruhi masa depan karir dan peluang kerja setelah lulus dari SMK. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan keinginan siswa.

Berikut ini adalah beberapa pilihan jurusan yang tersedia di SMK 11:

1. Jurusan Teknik Otomotif

Jurusan ini cocok bagi siswa yang memiliki minat dan keahlian dalam bidang otomotif. Di dalam program ini, siswa akan mempelajari tentang perawatan dan perbaikan mobil, serta teknologi otomotif terkini. Mereka akan belajar tentang sistem mesin, elektronika mobil, dan teknik pemeliharaan mobil. Jurusan ini menawarkan peluang kerja yang baik di industri otomotif, seperti bengkel, dealer mobil, dan perusahaan perawatan dan perbaikan kendaraan.

2. Jurusan Teknik Listrik

Jurusan ini cocok bagi siswa yang tertarik dengan bidang ketenagalistrikan. Di dalam program ini, siswa akan mempelajari tentang instalasi listrik, perbaikan dan pemeliharaan peralatan listrik, serta pengetahuan dasar tentang sistem kelistrikan. Mereka akan belajar tentang komponen listrik, instalasi rumah dan industri, serta teknik pengukuran dan pemeliharaan peralatan listrik. Jurusan ini menawarkan peluang kerja di bidang instalasi, perawatan peralatan listrik, dan perusahaan energi.

3. Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Jurusan ini cocok bagi siswa yang tertarik dengan teknologi komputer dan jaringan. Di dalam program ini, siswa akan belajar tentang perakitan dan perawatan komputer, instalasi jaringan, dan pemrograman dasar. Mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang sistem operasi, jaringan komputer, hingga pemecahan masalah pada perangkat keras dan lunak. Jurusan ini menawarkan peluang kerja di bidang layanan IT, teknisi komputer, dan perusahaan teknologi.

BACA JUGA:   SMKN 5 Samarinda

4. Jurusan Desain Grafis

Jurusan ini cocok bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang seni dan kreativitas. Di dalam program ini, siswa akan mempelajari tentang desain grafis, penggunaan software desain, dan teknik fotografi. Mereka akan belajar tentang desain visual, layout, editing gambar, dan pengembangan konten kreatif. Jurusan ini menawarkan peluang kerja di bidang perusahaan periklanan, media, percetakan, dan industri kreatif.

5. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Jurusan ini cocok bagi siswa yang memiliki minat dalam bidang bisnis dan manajemen. Di dalam program ini, siswa akan mempelajari tentang manajemen usaha, pemasaran, komunikasi bisnis, dan keuangan. Mereka akan belajar tentang hukum bisnis, manajemen sumber daya manusia, dan pengembangan keterampilan kepemimpinan. Jurusan ini menawarkan peluang kerja di berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar.

Dalam memilih jurusan, sangat penting bagi siswa untuk mengenal minat dan bakat pribadi mereka. Bicarakan dengan guru bimbingan dan konselor sekolah untuk mendapatkan panduan yang lebih spesifik mengenai jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Also Read

Bagikan: