Pesantren Pontianak

Padma Astuti

Apa itu Pesantren Pontianak?

Pesantren Pontianak adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pesantren ini menjadi tempat bagi santri-santri untuk mendalami ajaran agama Islam serta memperoleh pengetahuan umum sehari-hari. Pesantren Pontianak memiliki program pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan, yang meliputi mata pelajaran keagamaan, bahasa Arab, serta berbagai pelajaran lainnya.

Sejarah Pesantren Pontianak

Pesantren Pontianak didirikan oleh seorang ulama yang bernama KH. Muhayat. Beliau memulai pendirian pesantren pada tahun 1950 dan berlokasi di Jalan Parit Mayor, Pontianak. Seiring dengan perkembangan pesantren, pada tahun 1992, Pesantren Pontianak pindah ke Jalan Imam Bonjol, Pontianak. Selama bertahun-tahun sejak berdiri, Pesantren Pontianak telah menjadi salah satu pondok pesantren ternama di Kalimantan Barat.

Program Pendidikan

Pesantren Pontianak menawarkan program pendidikan yang komprehensif. Program ini mencakup pendidikan formal dan non-formal yang bertujuan untuk mencetak generasi Muslim yang memiliki pengetahuan agama yang kuat serta menjadi individu yang berperan dalam pembangunan masyarakat. Beberapa program pendidikan yang ditawarkan oleh Pesantren Pontianak antara lain:

  1. Pendidikan Dasar

    • Program ini ditujukan bagi santri yang sedang menempuh pendidikan dasar atau setingkatnya. Santri akan mempelajari mata pelajaran umum seperti matematika, bahasa Indonesia, dan sains, serta memperdalam ajaran agama Islam.
  2. Pendidikan Menengah

    • Program ini ditujukan bagi santri yang telah menyelesaikan pendidikan dasar atau setingkatnya. Santri akan mendapatkan pelajaran yang lebih mendalam tentang agama Islam, bahasa Arab, dan pelajaran-pelajaran umum seperti bahasa Inggris, sejarah, dan ekonomi.
  3. Tahfiz Al-Qur’an

    • Program ini ditujukan bagi santri yang memiliki minat dan kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an. Santri akan mempelajari teknik-teknik menghafal Al-Qur’an dengan benar, serta mendalami makna dan aplikasi ayat-ayat dalam kehidupan sehari-hari.
BACA JUGA:   Kursus Desain Grafis di Jakarta

Fasilitas di Pesantren Pontianak

Pesantren Pontianak menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar dan kehidupan santri. Beberapa fasilitas yang ada di Pesantren Pontianak antara lain:

  1. Masjid

    • Pesantren Pontianak memiliki masjid yang menjadi pusat kegiatan ibadah santri. Masjid ini juga digunakan sebagai tempat untuk mengaji dan mempelajari ajaran agama Islam.
  2. Asrama

    • Santri Pesantren Pontianak tinggal di dalam asrama yang nyaman dan teratur. Asrama ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar tidur, ruang belajar, dan ruang makan.
  3. Perpustakaan

    • Pesantren Pontianak memiliki perpustakaan dengan koleksi buku-buku agama, buku pelajaran, dan buku-buku referensi lainnya. Perpustakaan ini menjadi sumber informasi yang penting bagi santri.
  4. Ruang Kelas

    • Pesantren Pontianak memiliki ruang kelas yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk proses pembelajaran, seperti meja, kursi, papan tulis, serta proyektor untuk presentasi.
  5. Lapangan Olahraga

    • Untuk menjaga keseimbangan antara ilmu dan fisik, Pesantren Pontianak memiliki lapangan olahraga tempat santri dapat bermain dan berolahraga setelah waktu belajar selesai.

Kontribusi Pesantren Pontianak dalam Masyarakat

Pesantren Pontianak memiliki peran yang penting dalam masyarakat. Selain sebagai lembaga pendidikan, pesantren ini juga aktif dalam pengembangan masyarakat sekitar. Beberapa kontribusi Pesantren Pontianak antara lain:

  1. Program Bakti Sosial

    • Pesantren Pontianak sering mengadakan program bakti sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti pembagian sembako, pengobatan gratis, dan pembersihan lingkungan.
  2. Kegiatan Pendidikan Agama

    • Pesantren Pontianak aktif dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan agama di lingkungan sekitar, seperti pengajian umum dan kelas mengaji untuk anak-anak.
  3. Kerjasama dengan Pemerintah dan Instansi Lain

    • Pesantren Pontianak menjalin kerjasama dengan pemerintah dan instansi lain, misalnya dalam penyelenggaraan kursus-kursus singkat, pelatihan keterampilan, dan program-program pembangunan masyarakat.
BACA JUGA:   Sekilas Tentang SMAN 2 Pangkalan Kerinci

Dengan kontribusinya dalam pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, Pesantren Pontianak menjadi salah satu lembaga yang dihormati dan diapresiasi oleh masyarakat Pontianak dan sekitarnya.

Also Read

Bagikan: