Pesantren di Magelang

Victoria Suryatmi

Magelang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal memiliki banyak pesantren. Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tradisional yang memberikan pendidikan agama dan keilmuan kepada para santri. Di Magelang, terdapat beberapa pesantren terkenal yang telah berdiri sejak lama dan memberikan kontribusi yang besar dalam bidang pendidikan dan keagamaan.

1. Pesantren Budi Mulia

Pesantren Budi Mulia merupakan salah satu pesantren tertua di Magelang. Didirikan pada tahun 1926 oleh Kiai Haji Abdul Halim, pesantren ini memiliki pendekatan pendidikan yang holistik, menggabungkan ilmu agama dan pengetahuan umum. Selain itu, pesantren ini juga aktif dalam pengembangan ekstrakurikuler seperti seni budaya dan olahraga.

2. Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo

Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo adalah pesantren yang berfokus pada pendalaman ilmu agama dan tradisi Salaf (keteladanan masa lalu). Pesantren ini didirikan oleh KH. Bisri Syansuri pada tahun 1956. Pesantren ini memiliki kurikulum yang ketat dalam mengajarkan ilmu agama, serta memberikan penekanan pada pembentukan akhlakul karimah (akhlak yang mulia).

3. Pesantren Al-Hikam

Pesantren Al-Hikam terletak di daerah Candimulyo, Magelang. Pesantren ini didirikan oleh KH. Agus Salim pada tahun 1969. Pesantren Al-Hikam menekankan pembelajaran agama yang terintegrasi dengan pembentukan akhlak. Selain itu, pesantren ini juga memiliki program pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan pertanian dan kewirausahaan.

4. Pesantren Raudlatul Huda

Pesantren Raudlatul Huda merupakan pesantren yang didirikan pada tahun 1984 oleh KH. Khudlori. Pesantren ini terletak di daerah Ngrampal, Muntilan, Magelang. Pesantren ini menekankan pada pendalaman ilmu agama dan pengembangan keterampilan praktis. Selain itu, pesantren ini juga aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:   Biaya Masuk Pesantren Sabilunnajah Bandung

5. Pesantren Al-Muttaqin

Pesantren Al-Muttaqin terletak di daerah Kaliangkrik, Magelang. Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdullah Faqih pada tahun 1993. Pesantren ini dikenal dengan pendekatan pengajaran yang santai dan cair, tetapi tetap disiplin dalam aspek keagamaannya. Pesantren ini juga aktif dalam mengembangkan ekstrakurikuler seperti seni dan kesenian Islam.

Kesimpulan

Magelang memiliki banyak pesantren terkenal yang memberikan kontribusi besar dalam bidang pendidikan dan keagamaan. Dari Pesantren Budi Mulia yang memiliki pendekatan holistik, Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo yang fokus pada ilmu agama, hingga Pesantren Al-Muttaqin yang menggunakan pendekatan pengajaran yang santai. Semua pesantren ini memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan keilmuan para santri.

Also Read

Bagikan: