Pesantren di Jakarta Selatan

Elvina Rahimah

Jakarta Selatan adalah salah satu wilayah yang padat penduduk di ibukota Indonesia, dan kawasan ini juga menjadi tempat bagi sejumlah pesantren yang berperan penting dalam pendidikan agama di Jakarta. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pesantren-pesantren yang terletak di Jakarta Selatan.

1. Pesantren Nurul Quran

Pesantren Nurul Quran terletak di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan. Pesantren ini didirikan pada tahun 1983 oleh KH. Masrukin Dimyati. Pesantren ini memegang teguh prinsip pembelajaran Al-Quran sejak dini bagi santri-santrinya. Selain itu, Pesantren Nurul Quran juga menekankan pada pendidikan umum yang berkualitas.

Pesantren Nurul Quran memiliki fasilitas yang modern dan lengkap, termasuk masjid, asrama, ruang belajar, dan lainnya. Pesantren ini juga menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk melengkapi pendidikan santri, seperti olahraga, seni, dan pengembangan kepribadian.

2. Pesantren Al-Muttaqien

Pesantren Al-Muttaqien terletak di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan. Pesantren ini didirikan oleh KH. Muhammad Arifin Ilham pada tahun 2003. Pesantren Al-Muttaqien memiliki pendekatan yang unik dalam pembelajaran agama dengan mengkombinasikan metode tradisional dan modern.

Santri-santri di Pesantren Al-Muttaqien mendapatkan pendidikan agama yang utuh, namun juga diberikan pendidikan umum yang berkualitas. Pesantren ini juga memiliki berbagai program pengembangan diri, seperti pelatihan kepemimpinan, keterampilan berbahasa Inggris, dan lainnya.

3. Pesantren Daarut Tauhiid

Pesantren Daarut Tauhiid adalah salah satu pesantren terkenal di Jakarta Selatan. Didirikan oleh Ustaz Yusuf Mansur pada tahun 2003, pesantren ini berfokus pada pengajaran Al-Quran dan sunnah. Pesantren ini memiliki program pendidikan yang komprehensif, mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas.

BACA JUGA:   Biaya Pondok Pesantren Lirboyo

Di Pesantren Daarut Tauhiid, santri-santri tidak hanya belajar agama, tetapi juga diberikan pendidikan umum yang baik untuk menunjang perkembangan intelektual mereka. Pesantren ini juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, seperti seni, olahraga, dan keterampilan teknologi.

4. Pesantren At Taqwa

Pesantren At Taqwa terletak di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada tahun 1973. Pesantren At Taqwa merupakan pesantren tradisional yang mengutamakan pengajaran ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

Pesantren ini menekankan pentingnya pendidikan agama yang kuat, namun juga memberikan pendidikan umum yang baik kepada santrinya. Pesantren At Taqwa memiliki fasilitas yang memadai, termasuk asrama, masjid, perpustakaan, dan ruang belajar.

5. Pesantren Salman ITB

Pesantren Salman ITB terletak di kawasan Jakarta Selatan. Pesantren ini merupakan pesantren yang dijalankan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Pesantren ini didirikan pada tahun 2014 dengan tujuan menggabungkan pendidikan agama dan pendidikan teknik yang berkualitas.

Santri-santri di Pesantren Salman ITB mendapatkan pendidikan agama yang baik dan juga diberikan pendidikan teknik dari ITB. Pesantren ini memiliki sarana dan prasarana yang modern, serta program pengembangan diri yang beragam.

Dengan adanya pesantren-pesantren di Jakarta Selatan, masyarakat Muslim di wilayah ini memiliki akses mudah untuk mendapatkan pendidikan agama yang berkualitas. Pesantren-pesantren tersebut memberikan pendidikan yang holistik, dengan menggabungkan pendidikan agama dan pendidikan umum untuk mencetak generasi muda yang memiliki kompetensi tinggi dan berakhlak mulia.

Also Read

Bagikan: