Perguruan Tinggi SMK Bahari Kota Tegal

Ella Winarsih

SMK Bahari Kota Tegal adalah salah satu perguruan tinggi di kota Tegal yang berfokus pada pendidikan kejuruan di bidang kelautan.

Latar Belakang SMK Bahari Kota Tegal

SMK Bahari Kota Tegal didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang handal dan memiliki keahlian di bidang kelautan. Perguruan tinggi ini didirikan sebagai jawaban atas kebutuhan akan sumber daya manusia yang terampil dan kompeten dalam menghadapi tantangan di sektor industri kelautan.

Program Studi yang Ditawarkan

SMK Bahari Kota Tegal menyediakan berbagai program studi yang relevan dengan kebutuhan dunia industri kelautan. Beberapa program studi yang ditawarkan di antaranya:

  1. Nautika Perkapalan: Program studi ini mengajarkan siswa untuk menjadi perwira perkapalan yang mampu mengoperasikan dan mengelola kapal secara profesional. Di dalam program studi ini, siswa akan mempelajari berbagai aspek navigasi, meteorologi, manajemen kapal, dan keamanan di atas kapal.

  2. Teknik Sistem Perkapalan: Program studi ini fokus pada pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan sistem perkapalan. Para siswa akan belajar mengenai mesin kapal, sistem penerangan, sistem pendingin, sistem bahan bakar, dan berbagai peralatan teknis lainnya yang digunakan di atas kapal.

  3. Teknik Pengelasan: Program studi ini mengajarkan siswa tentang teknik pengelasan dengan menggunakan berbagai metode dan prosedur yang umum digunakan di industri kelautan. Para siswa akan mempelajari teknik pengelasan besi, baja, dan aluminium serta berbagai jenis logam lainnya yang biasa digunakan di industri perkapalan.

  4. Akuntansi Perusahaan: Program studi ini mempersiapkan siswa untuk bekerja di divisi keuangan atau akuntansi di perusahaan kelautan. Para siswa akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, pengelolaan keuangan, serta berbagai regulasi dan kebijakan yang terkait dengan industri kelautan.

  5. Administrasi Perkantoran: Program studi ini fokus pada pengembangan keterampilan administrasi dan manajemen di dunia perkapalan. Para siswa akan belajar tentang manajemen perkantoran, bisnis perkapalan, serta teknik komunikasi dan negosiasi yang dibutuhkan dalam berbagai situasi kerja di industri kelautan.

BACA JUGA:   SMK Analis Kesehatan Jakarta

Fasilitas dan Sarana

SMK Bahari Kota Tegal memiliki berbagai fasilitas dan sarana yang mendukung proses belajar mengajar siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya:

  • Laboratorium navigasi dan simulator kapal: Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan navigasi dan simulator kapal yang modern, sehingga siswa dapat berlatih dalam kondisi yang mirip dengan situasi di lapangan.

  • Bengkel perkapalan dan pengelasan: Siswa dapat belajar dan berlatih di bengkel perkapalan yang dilengkapi dengan peralatan dan mesin yang sesuai dengan kebutuhan industri kelautan.

  • Perpustakaan: SMK Bahari Kota Tegal memiliki perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku, jurnal, dan referensi lainnya yang relevan dengan bidang kelautan.

  • Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas audio visual guna mendukung proses pembelajaran.

Kerjasama Industri dan Peluang Karir

SMK Bahari Kota Tegal menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan dan institusi terkait di industri kelautan. Kerjasama ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan magang, kunjungan industri, atau bekerja sama dalam proyek-proyek riset dan pengembangan.

Lulusan SMK Bahari Kota Tegal memiliki peluang karir yang luas di sektor industri kelautan. Mereka dapat bekerja sebagai perwira perkapalan, teknisi perkapalan, welder kapal, akuntan perusahaan kelautan, atau bekerja di bagian administrasi perusahaan perkapalan.

Kesimpulan

SMK Bahari Kota Tegal merupakan perguruan tinggi yang menawarkan berbagai program studi di bidang kelautan. Dengan fasilitas dan kerjasama industri yang dimiliki, SMK Bahari Kota Tegal memiliki peran penting dalam mencetak tenaga kerja yang berkualitas dan siap bersaing di industri kelautan.

Also Read

Bagikan: