Penyebaran Suku Sunda di Provinsi

Elvina Rahimah

Suku Sunda merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami wilayah Jawa Barat dan sebagian wilayah Jawa Tengah. Secara historis, suku Sunda berasal dari Kerajaan Sunda yang pernah berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-16.

Dalam perkembangannya, suku Sunda kemudian tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, walaupun masih lebih dominan di wilayah Jawa Barat. Berikut adalah provinsi-provinsi di Indonesia yang dihuni oleh suku Sunda serta sebaran mereka:

  1. Provinsi Jawa Barat:
    Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang menjadi pusat perkembangan suku Sunda. Secara geografis, Jawa Barat terletak di bagian barat Pulau Jawa. Kota-kota seperti Bandung, Bogor, Tasikmalaya, Cirebon, dan Sukabumi mayoritas dihuni oleh orang-orang suku Sunda. Bahasa Sunda juga menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan di wilayah ini.

  2. Provinsi Jawa Tengah:
    Meskipun lebih dominan di Jawa Barat, suku Sunda juga tersebar di sebagian wilayah Jawa Tengah. Beberapa daerah di Jawa Tengah yang dihuni oleh suku Sunda antara lain Brebes, Tegal, Pemalang, dan sekitarnya. Meski tidak sebanyak di Jawa Barat, namun suku Sunda di Jawa Tengah masih mempertahankan budaya dan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Provinsi DKI Jakarta:
    Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang suku Sunda yang bermigrasi ke Provinsi DKI Jakarta untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Sehingga, di ibu kota Indonesia ini juga terdapat banyak penduduk dari suku Sunda. Kehadiran suku Sunda di Jakarta turut mempengaruhi kebudayaan dan keberagaman budaya di sana.

  4. Provinsi Banten:
    Provinsi Banten yang terletak di ujung barat Pulau Jawa juga merupakan salah satu tempat tinggal suku Sunda. Daerah-daerah seperti Serang, Lebak, dan Pandeglang dihuni oleh orang-orang suku Sunda. Suku Sunda di Provinsi Banten memiliki budaya dan tradisi yang unik, dengan kesamaan tetapi juga perbedaan dengan suku Sunda di Jawa Barat.

  5. Provinsi Lampung:
    Terletak di bagian selatan Pulau Sumatera, Provinsi Lampung juga memiliki sejumlah penduduk dari suku Sunda. Sebagian besar suku Sunda di Lampung berasal dari wilayah Jawa Barat yang melakukan migrasi ke sana. Di Lampung, suku Sunda turut berkontribusi dalam kehidupan sehari-hari dan keberagaman budaya di provinsi tersebut.

BACA JUGA:   Puisi Kebudayaan Indonesia Karya Chairil Anwar

Itulah beberapa provinsi di Indonesia yang dihuni oleh suku Sunda. Meskipun Jawa Barat masih menjadi pusat perkembangannya, keberadaan suku Sunda telah menyebar ke berbagai provinsi di Indonesia. Hal ini menunjukkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Also Read

Bagikan: