Pengaruh Kebudayaan Terhadap Sistem Komunikasi dalam Masyarakat

Elvina Rahimah

Kebudayaan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sistem komunikasi yang diadopsi oleh masyarakat. Sistem komunikasi merupakan bagian penting dari kehidupan sosial manusia, dan kebudayaan menjadi faktor penentu dalam pengembangan serta evolusi sistem komunikasi tersebut. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai hubungan antara kebudayaan dan sistem komunikasi, serta bagaimana kebudayaan mempengaruhi sistem komunikasi yang digunakan dalam masyarakat.

1. Sistem Komunikasi sebagai Cermin Budaya

Sistem komunikasi yang digunakan dalam suatu masyarakat merupakan cerminan dari budaya yang ada. Budaya meliputi nilai-nilai, norma, keyakinan, dan praktik yang diwariskan serta dikembangkan dalam suatu kelompok atau masyarakat. Sistem komunikasi yang ada di dalam masyarakat akan mencerminkan cara orang-orang dalam masyarakat tersebut berkomunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal.

Misalnya, dalam masyarakat yang memiliki budaya yang didasarkan pada hierarki yang kuat, sistem komunikasi akan tercermin dalam menggunakan bahasa dan ungkapan yang menghargai otoritas dan tingkat hierarki. Sebaliknya, dalam masyarakat yang lebih egaliter, sistem komunikasi akan lebih terbuka dan mengekspresikan nilai-nilai kesetaraan.

2. Pengaruh Bentuk Kebudayaan terhadap Jenis Komunikasi

Bentuk kebudayaan juga mempengaruhi jenis komunikasi yang digunakan dalam masyarakat. Misalnya, masyarakat yang memiliki kebudayaan oral-tradisional akan lebih cenderung menggunakan komunikasi lisan dan cerita untuk mentransfer pengetahuan dan informasi antargenerasi. Sementara itu, masyarakat yang memiliki kebudayaan tertulis cenderung menggunakan komunikasi tertulis seperti surat, buku, dan media massa untuk mentransfer pengetahuan dan informasi.

Selain itu, kebudayaan juga mempengaruhi kecenderungan masyarakat dalam menggunakan teknologi komunikasi terbaru. Masyarakat yang memiliki kebudayaan yang melestarikan nilai-nilai tradisional mungkin lebih enggan mengadopsi teknologi komunikasi modern, sedangkan masyarakat yang terbuka terhadap perubahan akan lebih mudah menerima dan mengadaptasi teknologi baru tersebut.

BACA JUGA:   Pengaruh Kebudayaan Dongson dari Vietnam terhadap Kebudayaan Praaksara di Indonesia

3. Bahasa sebagai Cermin Budaya

Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam sistem komunikasi yang dimiliki oleh masyarakat. Bahasa tidak hanya digunakan untuk mentransfer informasi, tetapi juga mencerminkan cara pemikiran, nilai-nilai, dan pola pikir yang ada dalam budaya tersebut.

Misalnya, dalam beberapa budaya yang memiliki sistem komunikasi yang sangat formal, penggunaan bahasa formal yang memiliki aturan yang ketat akan menjadi norma. Di sisi lain, dalam budaya yang lebih santai, sistem komunikasi akan cenderung lebih fleksibel dan menggunakan bahasa yang lebih santai serta informal.

4. Perubahan Kebudayaan dan Perubahan Sistem Komunikasi

Selain mempengaruhi sistem komunikasi yang ada, perubahan kebudayaan juga dapat mempengaruhi sistem komunikasi yang digunakan dalam masyarakat. Perubahan dalam nilai-nilai, norma, dan teknologi dapat menghasilkan perubahan dalam cara masyarakat berkomunikasi.

Contohnya, dengan pesatnya perkembangan teknologi dan adopsi media sosial dalam kehidupan sehari-hari, sistem komunikasi dalam masyarakat menjadi lebih cepat dan efisien. Masyarakat cenderung menggunakan pesan singkat, media sosial, atau email daripada surat atau telepon untuk berkomunikasi. Ini menunjukkan bagaimana perubahan budaya dan teknologi mempengaruhi sistem komunikasi yang ada.

Kesimpulan

Dalam melihat hubungan antara kebudayaan dan sistem komunikasi dalam masyarakat, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan merupakan faktor penentu bagi pengembangan dan evolusi sistem komunikasi yang digunakan. Kebudayaan mempengaruhi bentuk, jenis, dan bahasa yang digunakan dalam komunikasi serta berperan dalam perubahan sistem komunikasi dalam masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dan menghargai kebudayaan yang ada dalam masyarakat dalam rangka meningkatkan pemahaman dan harmoni antarindividu serta kelompok dalam berkomunikasi.

Also Read

Bagikan: