MTSN Surabaya

Darma Kai

MTSN Surabaya, atau Madrasah Tsanawiyah Negeri Surabaya, merupakan salah satu madrasah tsanawiyah negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Madrasah ini menyediakan pendidikan tingkat menengah bagi siswa-siswi yang mengikuti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang MTSN Surabaya, termasuk sejarah, fasilitas, kurikulum, dan prestasi yang telah diraih oleh madrasah ini.

Sejarah MTSN Surabaya

MTSN Surabaya didirikan pada tahun 1974 dan berlokasi di Jalan Raya ITS Sukolilo, Surabaya. Awalnya, madrasah ini bernama Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Surabaya. Setelah beberapa kali pergantian nama dan perbaikan fasilitas, pada tahun 2005 madrasah ini resmi menjadi MTSN Surabaya.

Fasilitas

MTSN Surabaya memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung kegiatan pendidikan dan kegiatan ekstrakurikuler siswa. Beberapa fasilitas yang dimiliki antara lain:

  1. Ruang Kelas yang representatif dan dilengkapi dengan fasilitas belajar seperti proyektor dan papan tulis interaktif.
  2. Perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap dan terus diperbarui.
  3. Laboratorium IPA dan Komputer yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai.
  4. Masjid yang digunakan untuk melaksanakan shalat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya.
  5. Ruang Kesenian yang digunakan untuk latihan dan pertunjukan seni siswa seperti tari, musik, dan teater.
  6. Lapangan olahraga yang digunakan untuk kegiatan fisik dan olahraga.

Kurikulum

MTSN Surabaya mengikuti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang telah disesuaikan dengan standar nasional pendidikan. Kurikulum ini mengintegrasikan pembelajaran agama Islam dengan pembelajaran umum lainnya seperti bahasa Indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam, dan lain-lain. Selain itu, madrasah ini juga menanamkan nilai-nilai agama dan etika dalam setiap aspek pembelajaran.

Prestasi

Sejak berdiri, MTSN Surabaya telah menghasilkan siswa-siswi yang berhasil meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh maddrasah ini antara lain:

  1. Juara umum pada lomba debat bahasa Indonesia tingkat Kota Surabaya.
  2. Juara pertama pada lomba adzan dan tilawah Al-Qur’an tingkat Provinsi Jawa Timur.
  3. Mendapatkan penghargaan sebagai madrasah dengan nilai UN (Ujian Nasional) tertinggi di Surabaya.
BACA JUGA:   Sekolah Menengah Kejuruan di Cirebon: Pusat Pendidikan dan Inovasi

Prestasi-prestasi ini menunjukkan komitmen MTSN Surabaya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan melahirkan generasi yang berkualitas pula.

Dalam kesimpulannya, MTSN Surabaya adalah sebuah madrasah tsanawiyah negeri di Surabaya yang memiliki sejarah panjang, fasilitas yang baik, kurikulum yang sesuai, dan telah meraih berbagai prestasi. Dengan adanya institusi seperti MTSN Surabaya, diharapkan pendidikan di Surabaya semakin berkembang dan mencetak generasi yang berilmu pengetahuan dan memegang teguh nilai-nilai agama.

Also Read

Bagikan: