Manfaat Belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya

Padma Astuti

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya". Hadis tersebut mengungkapkan pentingnya belajar serta mengajarkan Al-Qur’an bagi umat Muslim.

Mengapa Belajar Al-Qur’an?

Belajar Al-Qur’an memiliki beragam manfaat yang sangat signifikan bagi individu Muslim. Berikut ini adalah beberapa keuntungan belajar Al-Qur’an:

1. Mengenal Allah lebih dekat

Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Dengan mempelajari Al-Qur’an, kita dapat memahami ajaran-ajaran Allah, nama-nama dan sifat-sifat-Nya, sehingga kita dapat mengenal Allah lebih dekat dan meningkatkan hubungan spiritual dengan-Nya.

2. Petunjuk bagi kehidupan

Al-Qur’an merupakan panduan hidup yang lengkap untuk setiap aspek kehidupan. Dalam Al-Qur’an terdapat petunjuk-petunjuk yang mencakup etika, moralitas, pernikahan, ekonomi, politik, dan lain sebagainya. Dengan mempelajari Al-Qur’an, kita dapat mengetahui bagaimana Islam mengatur dan mendidik umat manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

3. Meningkatkan moralitas dan akhlak

Belajar Al-Qur’an juga berperan penting dalam meningkatkan moralitas dan akhlak kita. Al-Qur’an memberikan tuntunan tentang perilaku yang benar, mencela praktek-praktek kejahatan, dan mendorong umat Muslim untuk menjadi pribadi yang jujur, amanah, lemah lembut, dan bertanggung jawab. Melalui pemahaman Al-Qur’an, kita dapat mengubah perilaku kita menjadi lebih baik dan menjadi teladan bagi orang lain.

4. Keutamaan dan pahala

Allah SWT berjanji memberikan keutamaan dan pahala bagi mereka yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. Dalam hadis lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa para malaikat akan menghormati dan mencintai orang yang mendalami, membaca, dan mengajarkan Al-Qur’an. Selain itu, pahala yang diperoleh dari belajar Al-Qur’an juga diyakini berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

BACA JUGA:   Analisis Implementasi Program SD Inpres Batangkaluku

Mengapa Mengajarkan Al-Qur’an?

Selain belajar Al-Qur’an, mengajarkannya juga memiliki manfaat dan keutamaan yang tidak boleh diabaikan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita perlu mengajarkan Al-Qur’an kepada orang lain:

1. Perintah Rasulullah

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memerintahkan umat Muslim untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada orang lain. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik di antara kamu adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain."

2. Menyebarkan kebaikan

Mengajarkan Al-Qur’an adalah salah satu cara untuk menyebarkan kebaikan di masyarakat. Dengan mengajarkan Al-Qur’an kepada orang lain, kita memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengenal dan memahami ajaran Islam dengan lebih baik. Hal ini dapat membantu orang lain mendapatkan petunjuk hidup yang benar dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara spiritual.

3. Menjaga kontinuitas ilmu

Dengan mengajarkan Al-Qur’an kepada orang lain, kita membantu menjaga kontinuitas ilmu dan mewariskannya kepada generasi selanjutnya. Dalam Islam, ilmu Al-Qur’an merupakan salah satu jenis ilmu yang sangat penting untuk dijaga dan dilestarikan. Dengan mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak atau orang lain, kita ikut berperan dalam menjaga keberlanjutan pengetahuan dan pemahaman Al-Qur’an di masyarakat.

4. Mendapatkan pahala berkelanjutan

Mengajarkan Al-Qur’an juga memberikan pahala yang berkelanjutan. Setiap kali orang yang telah kita ajarkan Al-Qur’an membaca, mempelajari, atau mengamalkan ajaran Al-Qur’an, kita akan mendapatkan pahala sebagai pelaku pengajaran. Dengan demikian, setiap kebaikan yang mereka lakukan akan terus memperoleh pahala bagi kita sepanjang mereka masih mengamalkannya.

Melalui belajar dan mengajarkan Al-Qur’an, kita dapat memperoleh manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita. Belajar Al-Qur’an meningkatkan pemahaman kita tentang agama, sementara mengajarkannya memungkinkan kita menyebarkan petunjuk Allah kepada orang lain. Oleh karena itu, kita perlu berupaya untuk mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh agar dapat memanfaatkan semua manfaat yang Allah sediakan melalui kitab-Nya yang mulia ini.

Also Read

Bagikan: