Kebudayaan Manusia Purba: Abris Sous Roche

Victoria Suryatmi

Kebudayaan manusia purba dapat diungkap melalui penemuan dan penelitian terhadap berbagai sisa-sisa dan artefak yang mereka tinggalkan. Salah satu bentuk peninggalan manusia purba yang sering ditemukan adalah abris sous roche, yang secara harfiah berarti "celah di bawah batu" dalam bahasa Prancis.

Apa itu Abris Sous Roche?

Abris sous roche adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tempat tinggal atau tempat perlindungan yang dibuat oleh manusia purba di bawah celah batu besar. Tempat ini memberikan perlindungan alami terhadap cuaca ekstrem dan mungkin juga memberikan perlindungan terhadap binatang buas.

Unsur Kebudayaan yang Dapat Ditemukan di Abris Sous Roche

Ketika melakukan penelitian di abris sous roche, arkeolog sering menemukan berbagai artefak dan sisa-sisa yang memberikan petunjuk tentang kehidupan manusia purba. Berikut adalah beberapa unsur kebudayaan yang sering ditemukan di tempat ini:

  1. Alat-alat Batu: Manusia purba menggunakan alat-alat dari batu untuk berbagai keperluan, seperti membuat senjata, alat pertanian, dan keperluan sehari-hari lainnya. Alat-alat tersebut bisa berupa kapak, pisau, dan tombak.

  2. Pecahan Keramik: Pecahan keramik atau potongan tembikar sering ditemukan di abris sous roche. Ini menunjukkan bahwa manusia purba mungkin sudah mengenal teknologi pembuatan keramik dan menggunakan wadah keramik untuk berbagai keperluan.

  3. Lukisan Dinding: Beberapa abris sous roche dihiasi dengan lukisan dinding. Lukisan ini dapat berupa gambar binatang, manusia, atau simbol-simbol lainnya. Lukisan-lukisan ini memberikan wawasan tentang kehidupan manusia purba, cara berburu, dan keyakinan spiritual mereka.

  4. Tulang Binatang: Arkeolog sering menemukan fragmen tulang binatang di dalam abris sous roche. Analisis terhadap tulang tersebut dapat memberikan informasi tentang jenis binatang yang pernah mereka buru dan konsumsi, serta strategi berburu dan peningkatan teknologi berburu seiring waktu.

  5. Arsitektur dan Pengaturan Ruang: Dalam beberapa abris sous roche, arkeolog menemukan bukti-bukti struktur arsitektur seperti batu yang disusun sedemikian rupa dan platform di atas tanah. Kehadiran ruang terorganisir ini menunjukkan adanya pengaturan sosial dalam komunitas manusia purba tersebut.

  6. Perkakas dari Tulang: Selain alat-alat dari batu, manusia purba juga menggunakan bahan lain, seperti tulang hewan, untuk membuat alat-alat seperti jarum dan alat musik sederhana. Hal ini menunjukkan tingkat keterampilan dan kemampuan mereka dalam menggunakan sumber daya alam yang tersedia.

BACA JUGA:   Kebudayaan Non Benda yang Berasal dari Aceh

Signifikansi Abris Sous Roche dalam Memahami Kebudayaan Manusia Purba

Penelitian terhadap abris sous roche memiliki signifikansi yang besar dalam memahami kebudayaan manusia purba. Penemuan artefak, alat, dan sisa-sisa yang ditemukan di sini membantu kita untuk menciptakan gambaran yang lebih jelas tentang kehidupan dan kebudayaan manusia purba. Informasi ini memberikan wawasan tentang cara hidup, kebiasaan, teknologi, dan organisasi sosial mereka.

Selain itu, penelitian yang dilakukan di abris sous roche juga membantu dalam mempelajari hubungan antara manusia purba dengan lingkungan sekitar mereka. Penelitian tentang tulang binatang membantu kita memahami pola migrasi binatang, sedangkan lukisan dinding memberikan gambaran tentang ekologi dan pentingnya binatang dalam kehidupan manusia purba.

Secara keseluruhan, abris sous roche memberikan bukti-bukti yang berharga tentang kebudayaan manusia purba. Dengan menjalankan penelitian yang cermat dan menjaga integritas situs ini, kita dapat terus mengungkap rahasia dan kehidupan mereka, dan memperkaya pengetahuan kita tentang sejarah manusia.

Also Read

Bagikan: